Deretan Makanan yang Menyehatkan Sistem Pencernaan Anak

February 26, 2023 | Aqiyu

Makanan Menyehatkan Pencernaan Anak

Seiring bertambahnya usia, maka tumbuh kembang si kecil pun seharusnya mengalami perubahan kearah yang lebih baik. Salah satu seputar kesehatan sistem pencernaan si kecil sangat menarik untuk dibahas. Termasuk deretan makanan menyehatkan pencernaan anak berikut yang akan dibahas.

Apalagi anak-anak seringkali mengalami masalah sistem pencernaan seperti gangguan fungsi saluran cerna. Masalah pada saluran pencernaan ini memiliki gejala seperti nyeri perut, diare, sembelit, kembung, mual dan mulas. 

Faktanya, 1 dari 3 anak memiliki risiko konstipasi atau sembelit. Konstipasi merupakan kondisi sulit atau jarang BAB selama dua minggu. 7 dari 10 anak dengan risiko konstipasi mengalami perbaikan dalam perilaku BAB setelah mengonsumsi makanan dengan asupan serat tambahan.

Tanda konstipasi pada si kecil adalah frekuensi BAB kurang dari 3x dalam seminggu dengan konsistensi feses lunak. Atau frekuensi  BAB setiap hari dengan konsistensi feses keras. Gejala konstipasi lainnya adalah si kecil terlihat mengejan dan tidak tuntas. Si kecil membutuhkan asupan serat tambahan dalam menu makanannya sehari-hari. Hal ini dapat menjaga pola BAB si kecil.

Adapun cara mengatasi konstipasi atau sembelit pada anak, Anda bisa memberikan makanan berserat berikut ini:

  • Buah-buahan: stroberi, jeruk, mangga, apel, buah naga, pepaya dan lainnya.
  • Sayuran: semakin jelas warna pada sayuran semakin tinggi pula kandungan seratnya.
  • Biji-bijian: whole grain dan produk gandum.
  • Kacang-kacangan: kacang hijau, edamame, kacang polong, kacang almond dan lainnya.
  • Makanan dengan serat tambahan: susu serat tinggi.
  • Yogurt: produk hasil fermentasi susu oleh bakteri asam laktat.
  • Makanan yang mengandung prebiotik

Nah, itulah daftar makanan yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan si kecil. Meskipun deretan makanan tersebut mudah didapat dna sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, tetapi masih banyak yang belum memenuhi kebutuhan serat harian. Anda bisa menambahkan makanan tersebut ke dalam menu harian si kecil agar kesehatan pencernaannya tetap terjaga. Berikut adalah list Makanan Menyehatkan Pencernaan Anak dan penjelasannya,

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: Cleveland health center)

YesDok Ads