Dampak Positif Berpuasa pada Kesehatan Jantung

April 02, 2023 | Iman

Dampak Positif Berpuasa

Umat Islam di dunia kini tengah menjalankan ibadah puasa ramadan dengan tidak makan dan minum selama selama hampir 12 jam atau bahkan lebih. Perlu diketahui, tidak hanya bernilai ibadah, puasa berpengaruh secara langsung pada tubuh kita.

Dampak Positif Berpuasa

Ternyata banyak manfaat yang didapatkan jika kita berpuasa. Berikut manfaat dan Dampak Positif Berpuasa.

1. Menurunkan stres oksidatif

Dengan menjaga jumlah asupan ke dalam tubuh, maka kita dapat mengurangi juga pembentukan zat radikal bebas oleh sel dalam tubuh kita.

2. Menjaga optimalisasi "circadian rhythm"

Pada tubuh kita, terutama organ seperti liver dan otot serta jaringan lemak memiliki waktu sirkadian dalam bekerja, sehingga dengan kita berpuasa dan mengurangi asupan makanan akan mengurangi beban kerja organ ini yang dapat menurunkan gangguan pada organ serta menghindarkan kita dari penyakit kardiometabolik.

3. Pembentukan keton dalam badan

Setelah 6 - 8 jam berpuasa, keton akan terbentuk pada darah, yang mana dapat menjadi tanda bahwa pada fase ini akan ada perubahan dari proses penyimpanan lemak dalam jaringan menjadi penggunaan lemak sebagai sumber energi. Hal ini akan berdampak dengan menurunnya kadar LDL (Low-Density Lipoproteins) dan meningkatnya kadar HDL (High-density Lipoproteins) dalam darah.

4. Kesehatan bagi jantung dan pembuluh darah

Berpuasa secara rutin akan menghindarkan kita terhadap terjadinya obesitas, penyakit tekanan darah tinggi, dan dyslipidemia. Seperti yang kita ketahui bahwa orang yang mengalami obesitas akan memiliki jaringan lemak yang banyak pada tubuh. Berpuasa juga dapat menjaga persyarafan simpatis, parasimpatis, dan aktifitas vagal dalam tubuh, sehingga akan mengontrol tekanan darah kita mejadi lebih rendah dan menghindarkan kita dari penyakit atherosclerosis atau kerusakan pembuluh darah jika kita berpuasa.

Tingginya kadar lipid (Dyslipidemia) akan memberikan dampak negatif bagi kesehatan jantung, yakni ditandai dengan tingginya angka Framingham risk score yang mana sering menjadi penentu tingkat suatu penyakit jantung.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads