5 Sayuran yang Bermanfaat untuk Mengurangi Peradangan

March 15, 2023 | Helmi

sayuran untuk peradangan

Peradangan adalah hal normal yang terjadi ada tubuh manusia. Tubuh Anda menggunakan peradangan saat Anda menderita cedera atau sakit karena itulah cara menyembuhkan dirinya sendiri.

Namun, jika peradangan terjadi terus menerus, merupakan cerita yang berbeda. Peradangan menjadi kronis ketika tubuh Anda terus mengirimkan penanda peradangan bahkan ketika Anda tidak mengalami cedera tertentu. Hal ini bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti gangguan autoimun, konsumsi alkohol berlebih, stres, dan merokok. 

Seiring waktu, peradangan kronis dapat menyebabkan kondisi kesehatan yang serius seperti radang sendi, penyakit jantung, diabetes, Alzheimer, dan bahkan jenis kanker tertentu.

Mencegah peradangan kronis dapat dilakukan dengan melibatkan konsumsi makanan yang sehat dan menghindari gaya hidup yang tidak banyak bergerak. Meskipun kita tidak dapat menghindari peradangan hanya dengan makan satu jenis makanan, ada makanan padat nutrisi tertentu, seperti sayuran, yang dapat membantu.

Berikut ini kami telah melansir dari Eat This Not That, mengenai pilihan sayuran yang memiliki manfaat sayuran untuk peradangan:

Wortel

Apakah dikonsumsi saat mentah atau sudah dimasak, wortel mengandung banyak nutrisi, beberapa di antaranya dapat membantu melawan peradangan.

"Wortel dikemas dengan beta-karoten, karotenoid yang digunakan tubuh untuk membentuk vitamin A, dan vitamin A dapat mendukung kesehatan tulang dan kesehatan kulit, terutama seiring bertambahnya usia," kata Lauren Manaker, MS, RDN, ahli diet terdaftar. "Vitamin A juga telah terbukti memiliki manfaat anti inflamasi."

Menurut Journal of Functional Foods, wortel dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif dalam tubuh, yang juga dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Paprika

Paprika adalah sayuran serbaguna yang bisa dinikmati dimasak atau dimakan mentah dengan saus favorit Anda. Dan menurut ahli diet, paprika juga membantu mengatasi peradangan untuk memperlambat penuaan.

"Paprika kaya akan vitamin C dan vitamin A, yang merupakan antioksidan alami. Paprika juga tinggi serat dan air, menjadikannya sayuran yang menghidrasi. Tingkat antioksidannya yang tinggi juga menjadikannya anti-inflamasi, yang artinya dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh," kata Dana Ellis Hunnes, PhD, MPH, RD, ahli diet terdaftar dan penulis buku Recipe for Survival.

Brokoli

Pilihan sayuran padat nutrisi lainnya adalah brokoli. Sayuran berwarna hijau ini dapat memperlambat laju penyakit yang terkait dengan peradangan kronis.

Satu studi yang dipublikasikan di Clinical Nutrition menemukan bahwa kecambah brokoli mampu menurunkan penanda inflamasi, seperti protein C-reaktif.

Brokoli adalah sulfurophanes tinggi, yang merupakan antioksidan alami yang sangat sehat dan anti-inflamasi. Brokoli juga tinggi kalsium, serat, dan mengandung cukup banyak air, yang juga berkontribusi pada kemampuan anti-inflamasinya.

Kentang

Sayuran yang mengandung banyak karbohidrat ini ternyata juga memiliki manfaat untuk memperlambat penuaan.

"Kentang adalah makanan kaya nutrisi yang kaya akan serat, potasium, vitamin C, dan dapat melawan radikal bebas. Kentang putih dapat menurunkan peradangan, kolesterol, dan tekanan darah dalam tubuh," kata ahli diet terdaftar Veronica Rouse, MAN. RD, CDE.

Melihat beberapa nutrisi yang ditemukan dalam kentang, potasium secara khusus telah ditemukan untuk membantu mengurangi peradangan dan rasa sakit, terutama pada penderita rheumatoid arthritis. Tingkat serat makanan yang lebih tinggi telah dikaitkan dengan peradangan yang lebih rendah di dalam tubuh.

Sayuran hijau

Sayuran hijau adalah sayuran penting untuk peradangan yang dapat Anda konsumsi kapan pun Anda membutuhkan peningkatan kesehatan.

Sayuran hijau seperti bayam, kangkung, selada, dan lobak merupakan sumber yang sangat baik untuk banyak vitamin, mineral, dan antioksidan. Mereka memberi tubuh Vitamin A, C, E, dan K, zat besi, kalium, kalsium, magnesium, dan serat. 

"Memasukkan sayuran berdaun hijau tua ke dalam makanan Anda dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh dan mendukung kesehatan secara keseluruhan," kata ahli diet terdaftar Mandy Tyler, MEd, RD, CSSD, LD, LAT.

Menurut Harvard Health, sayuran berdaun hijau terdaftar sebagai makanan anti-inflamasi yang bermanfaat karena tingkat antioksidan dan polifenolnya yang tinggi.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads