TERAPI PLATELET-RICH PLASMA (VAMPIR) BIKIN AWET MUDA? SIMAK PENJELASANNYA

December 04, 2023 | Dea

prp adalah, plasma treatment, fungsi prp, apa itu prp, perawatan prp, derma plasma, injeksi prp, prp wajah adalah, prp facial, vampire facial treatment, efek samping prp wajah, rahasia kulit glowing,  yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda bahwa sebagai prosedur kosmetik yang bertujuan untuk meremajakan kulit, terapi Platelet-Rich Plasma (PRP), yang sering disebut sebagai terapi "Vampire", telah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun terakhir. Untuk memanfaatkan sifat penyembuhan platelet dan faktor pertumbuhan, terapi inovatif ini menggunakan darah pasien sendiri. 

Oleh karena itu,  untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

Mengenal Terapi Platelet-Rich Plasma (PRP)

Setelah pasien menerima sejumlah kecil darah, terapi platelet-rich plasma (PRP) dilanjutkan dengan pemisahan plasma yang kaya akan trombosit, juga dikenal sebagai platelet, yang mengandung faktor pertumbuhan dan protein yang bertanggung jawab atas proses penyembuhan jaringan. Setelah proses selesai, plasma kaya platelet kembali diinjeksikan ke kulit pasien.

Platelet memainkan peran penting dalam proses penyembuhan tubuh secara alami. Mereka mengandung faktor pertumbuhan yang membantu regenerasi dan perbaikan jaringan. Terapi PRP bertujuan untuk meningkatkan kemampuan alami tubuh untuk meremajakan kulit, mengurangi garis-garis halus, dan meningkatkan tekstur kulit secara keseluruhan dengan mengkonsentrasikan platelet ini dan memperkenalkannya ke area tertentu.

Ketika selebriti menceritakan pengalaman mereka dengan prosedur ini, istilah "Vampire Facial" menjadi populer. Ini melibatkan penerapan PRP secara topikal setelah membuat mikro-injuri pada kulit menggunakan teknik mikro-needling. Mikro-injuri ini mendorong tubuh untuk merespons dengan menghasilkan lebih banyak kolagen dan elastin, yang meningkatkan penampilan.

Ada banyak pilihan dalam industri perawatan kulit kontemporer untuk memastikan kulit tetap sehat dan tampak muda. Terapi Platelet-Rich Plasma (PRP), juga dikenal sebagai "wajah vampir" atau "wajah vampir", adalah salah satu kemajuan terbaru. 


 

Proses Terapi PRP

Berikut ini beberapa proses dari terapi PRP, antara lain:

  • Pengumpulan Darah: Sebuah jumlah kecil darah diambil dari pasien. Prosedur ini serupa dengan pengambilan darah normal.
     
  • Pemisahan Plasma: darah dibagi menjadi komponen utamanya melalui proses sentrifugasi, dan plasma kaya platelet diisolasi.
     
  • Injeksi Kembali: Plasma yang kaya akan platelet diinjeksikan kembali ke area-target kulit pasien. Ini melakukannya dengan memanfaatkan faktor pertumbuhan, yang mendorong produksi kolagen dan memperbaiki jaringan.


 

Keunggulan Terapi PRP

Berikut ini beberapa keunggulan terapi PRP, antara lain:

1. Stimulasi Kolagen: Produksi kolagen, protein yang menjaga kekenyalan dan kekencangan kulit, distimulasi oleh faktor pertumbuhan dalam plasma.
 

2. Mengurangi Kerutan: Merangsang produksi kolagen, yang membantu mengurangi kerutan dan garis-garis halus.
 

3. Meningkatkan Tekstur Kulit: Meningkatkan tekstur dan warna kulit, menghasilkan kulit yang lebih halus.

 

Meskipun terapi PRP umumnya dianggap aman, penting untuk berkonsultasi dengan dermatologis atau profesional kesehatan yang berpengalaman sebelum menjalani prosedur ini. Bagi mereka yang mencari metode non-bedah untuk mendapatkan kulit yang tampak lebih muda, Terapi Platelet-Rich Plasma (Vampire) telah muncul sebagai pilihan yang menarik. Individu harus mempertimbangkan kebutuhan dan harapan mereka sebelum membuat keputusan, seperti halnya sebelum melakukan prosedur kosmetik lainnya.
 

Jika anda memiliki keluarga dengan riwayat tersebut, sebaiknya anda mengarahkannya untuk berkonsultasi kepada dermatologi. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.aad.org/public/cosmetic/younger-looking/platelet-rich-plasma-secret-to-younger-skin

https://health.clevelandclinic.org/can-a-vampire-facial-make-you-look-younger

https://www.healthline.com/health/beauty-skin-care/vampire-facelift#how-to-find-a-provider

 

YesDok Ads