5 GEJALA RADANG TENGGOROKAN

February 23, 2024 | Dea

radang tenggorokan, ciri ciri radang tenggorokan, radang tenggorokan disebabkan oleh, penyebab radang tenggorokan, gejala radang tenggorokan, ciri radang tenggorokan, perbedaan radang tenggorokan dan amandel, yesdok

Sobat Yesdok, Radang tenggorokan adalah kondisi umum yang dapat dialami oleh siapa saja, terutama anak-anak dan remaja. Gejalanya dapat beragam, tetapi beberapa yang paling umum adalah yang akan dibahas dalam artikel ini. Memahami gejala ini dapat membantu anda mengidentifikasi penyakit ini lebih awal dan mendapatkan perawatan yang tepat. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

6 Gejala Radang Tenggorokan

Berikut adalah beberapa gejala umum radang tenggorokan, antara lain:
 

1. Sakit Tenggorokan yang Parah

Sakit tenggorokan yang parah, yang dapat berupa rasa terbakar, kesemutan, atau sensasi tergores di tenggorokan, adalah salah satu gejala paling umum dari radang tenggorokan. Sakit ini bisa menjadi lebih buruk saat menelan makanan atau minuman, dan seringkali membuat penderita tidak nyaman bahkan saat tidak menelan.
 

2. Peningkatan Suhu Tubuh

Kenaikan suhu tubuh, juga dikenal sebagai demam, adalah gejala umum radang tenggorokan, terutama jika disebabkan oleh infeksi bakteri. Reaksi tubuh terhadap infeksi biasanya menyebabkan demam, yang dapat menyertai sakit tenggorokan sebagai bagian dari sindrom penyakit yang lebih luas.
 

3. Kelenjar Getah Bening yang Membengkak

Tanda lain dari radang tenggorokan adalah pembesaran atau pembengkakan kelenjar getah bening di leher. Kelenjar getah bening ini merupakan bagian dari sistem kekebalan tubuh dan dapat membengkak sebagai reaksi terhadap infeksi. Mereka biasanya berada di sisi leher dan menyentuhnya dapat menyebabkan sakit atau nyeri.
 

4. Suara Serak atau Hilangnya Suara

Penyakit tenggorokan dapat menyebabkan perubahan pada suara anda, seperti serak atau bahkan hilangnya suara sepenuhnya, karena iritasi pada pita suara di tenggorokan. Suara serak atau hilangnya suara juga dapat menjadi gejala tambahan dari sakit tenggorokan.
 

5. Nyeri atau Kesulitan Menelan

Gejala lain radang tenggorokan adalah nyeri saat menelan, juga dikenal sebagai disfagia. Nyeri saat menelan dapat terjadi karena peradangan di tenggorokan yang membuat menelan menjadi tidak nyaman atau menyebabkan rasa sakit. Pada kasus yang lebih parah, nyeri saat menelan dapat membuat orang sulit makan atau minum.

Langkah penting untuk menangani radang tenggorokan dengan baik adalah mengetahui gejalanya. Radang tenggorokan biasanya akan sembuh dalam beberapa hari dengan pengobatan yang tepat dan istirahat yang cukup. Namun, jika gejalanya bertahan atau memburuk, sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.cdc.gov/groupastrep/diseases-public/strep-throat.html

https://www.healthdirect.gov.au/group-a-streptococcal

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/strep-throat/symptoms-causes/syc-20350338

 

YesDok Ads