Mengenal Amblyopia (Mata Malas), Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

April 05, 2023 | Helmi

amblyopia adalah

Lazy eye (mata malas) atau dikenal juga sebagai Amblyopia adalah berkurangnya penglihatan pada satu mata yang disebabkan oleh perkembangan penglihatan yang tidak normal di awal kehidupan. Mata yang lebih lemah - atau malas - sering bergerak ke bagian dalam atau ke luar.

Amblyopia umumnya berkembang sejak lahir hingga usia 7 tahun. Ini adalah penyebab utama penurunan penglihatan pada anak-anak. Sangat jarang kondisi mata malas mempengaruhi kedua mata.

Diagnosis dan pengobatan dini dapat membantu mencegah masalah jangka panjang dengan penglihatan anak Anda. Mata dengan penglihatan yang lebih buruk biasanya dapat dikoreksi dengan kacamata atau lensa kontak, atau terapi tambalan.

Gejala

Tanda dan gejala mata malas atau amblyopia adalah:

  • Mata yang bergerak ke dalam atau ke luar
  • Mata yang tampak tidak serasi
  • Persepsi kedalaman yang buruk
  • Menyipitkan mata atau menutup mata
  • Memiringkan kepala
  • Hasil tes skrining penglihatan yang tidak normal
  • Terkadang mata malas tidak terlihat jelas tanpa pemeriksaan mata.

Temui dokter anak Anda jika Anda melihat matanya bergerak tidak sinkrom setelah beberapa minggu pertama kehidupannya. Pemeriksaan penglihatan sangat penting jika ada riwayat keluarga dengan mata juling, katarak pada masa kanak-kanak, atau kondisi mata lainnya.

Untuk semua anak, pemeriksaan mata lengkap direkomendasikan antara usia 3 dan 5 tahun.

Penyebab

Mata malas berkembang karena pengalaman visual abnormal di awal kehidupan yang mengubah jalur saraf antara lapisan tipis jaringan (retina) di bagian belakang mata dan otak. Mata yang lebih lemah menerima lebih sedikit sinyal visual. 

Akhirnya, kemampuan mata untuk bekerja sama menurun, dan otak menekan atau mengabaikan masukan dari mata yang lebih lemah.

Apa pun yang mengaburkan penglihatan anak atau menyebabkan mata juling atau keluar dapat menyebabkan mata malas. Penyebab umum dari kondisi tersebut meliputi:

Ketidakseimbangan otot (ambliopia strabismus). Penyebab mata malas yang paling umum adalah ketidakseimbangan pada otot yang memposisikan mata. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan mata menyilang atau keluar, dan mencegahnya bergerak secara sinkron.

Perbedaan ketajaman penglihatan antara kedua mata (ambliopia refraktif). Perbedaan yang signifikan antara resep di setiap mata - seringkali karena rabun jauh tetapi terkadang karena rabun jauh atau permukaan lekukan mata yang tidak rata (astigmatisme) - dapat menyebabkan mata malas.

Kacamata atau lensa kontak biasanya digunakan untuk memperbaiki masalah refraksi ini. Pada beberapa anak mata malas disebabkan oleh kombinasi strabismus dan masalah refraksi.

Masalah dengan satu mata - seperti area keruh pada lensa (katarak) - dapat menghalangi penglihatan yang jelas pada mata tersebut. Ambliopia perampasan pada masa bayi membutuhkan perawatan segera untuk mencegah kehilangan penglihatan permanen. Ini sering merupakan jenis ambliopia yang paling parah.

Cara Mengobati

Sangat penting untuk memulai pengobatan untuk kondisi ini sesegera mungkin di masa kanak-kanak, ketika hubungan yang rumit antara mata dan otak sedang terbentuk. Hasil terbaik terjadi ketika pengobatan dimulai sebelum usia 7 tahun, walaupun setengah dari anak-anak antara usia 7 dan 17 menanggapi pengobatan.

Pilihan pengobatan bergantung pada penyebab mata malas dan seberapa besar kondisi tersebut mempengaruhi penglihatan anak Anda. Dokter Anda mungkin merekomendasikan:

Kacamata korektif. Kacamata atau lensa kontak dapat memperbaiki masalah seperti rabun jauh, rabun dekat, atau astigmatisme yang menyebabkan mata malas.

Penutup mata. Untuk merangsang mata yang lebih lemah, anak Anda memakai penutup mata di atas mata dengan penglihatan yang lebih baik selama dua sampai enam jam atau lebih dalam sehari. Dalam kasus yang jarang terjadi, memakai penutup mata terlalu lama dapat menyebabkan ambliopia berkembang di mata yang ditutup. Namun biasanya reversibel.

Filter bangerter. Filter khusus ini ditempatkan pada lensa kacamata mata yang lebih kuat. Filter mengaburkan mata yang lebih kuat dan, seperti penutup mata, berfungsi untuk merangsang mata yang lebih lemah.

Obat tetes mata. Obat tetes mata dari obat yang disebut atropin (Isopto Atropin) dapat mengaburkan penglihatan untuk sementara di mata yang lebih kuat. Biasanya diresepkan untuk digunakan pada akhir pekan atau setiap hari, penggunaan tetes mendorong anak Anda untuk menggunakan mata yang lebih lemah, dan menawarkan alternatif untuk tambalan. Efek samping termasuk kepekaan terhadap cahaya dan iritasi mata.

Operasi. Anak Anda mungkin memerlukan pembedahan jika ia memiliki kelopak mata turun atau katarak yang menyebabkan ambliopia deprivasi. Jika mata anak Anda terus juling atau menyimpang dengan kacamata yang sesuai, dokter Anda mungkin merekomendasikan perbaikan bedah untuk meluruskan mata, selain perawatan mata malas lainnya.

Perawatan berbasis aktivitas - seperti menggambar, mengerjakan teka-teki, atau bermain game komputer - tersedia. Efektivitas penambahan aktivitas ini ke terapi lain belum terbukti. Penelitian pengobatan baru sedang berlangsung.

Bagi sebagian besar anak dengan mata malas, perawatan yang tepat dapat memperbaiki penglihatan dalam hitungan minggu hingga bulan. Perawatan mungkin berlangsung dari enam bulan sampai dua tahun.

Penting bagi anak Anda untuk dipantau untuk kekambuhan mata malas - yang dapat terjadi pada hingga 25 persen anak dengan kondisi tersebut. Jika mata malas kambuh, pengobatan perlu dimulai lagi.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads