Makanan Kaya Antioksidan yang Bantu Menangkal Radikal Bebas

March 08, 2023 | Iman

Makanan Kaya Antioksidan

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan merupakan salah satu cara sederhana dalam menjaga kesehatan tubuh. Perlu diketahui, fungsi antioksidan adalah melindungi sel-sel tubuh dari efek radikal bebas yang berpotensi menimbulkan beragam penyakit.

Pada dasarnya, radikal bebas adalah zat alami atau limbah yang dihasilkan oleh tubuh dari proses metabolisme. Namun, jika tubuh terlalu sering terpapar radikal bebas atau zat beracun, kondisi ini pun dapat membahayakan kesehatan.

Jenis makanan kaya antioksidan

Zat antioksidan sendiri bisa didapatkan dari sumber alami seperti makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Berikut adalah beberapa jenis makanan kaya antioksidan yang dapat Anda coba.

1. Stroberi

Stroberi adalah salah satu buah yang kaya akan vitamin C. Di mana vitamin C merupakan bentuk dari antioksidan yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kekenyalan kulit, serta mencegah anemia. Per 100 gram stroberi diketahui mengandung sekitar 80 mg vitamin C dengan aktivitas antioksidan yang tinggi.

Buah stroberi dapat dikonsumsi secara langsung setelah Anda mencucinya dengan bersih. Anda juga bisa mengolahnya menjadi salah buah atau jus segar tanpa gula. Apabila ingin menyimpan stroberi di lemari pendingin, taruhlah stroberi yang belum dicuci di mangkuk yang sudah dilapisi tisu agar tahan selama seminggu penuh.

2. Bluberi

Di antara semua buah, bluberi diketahui memiliki kandungan antioksidan paling tinggi, khususnya antioksidan jenis flavonoid. Flavonoid adalah jenis antioksidan yang diyakini dapat membantu mencegah kanker, stroke, penyakit jantung, dan diabetes. Meski begitu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai manfaat flavonoid dan efeknya secara klinis pada manusia.

3. Jeruk

Sama halnya dengan stroberi, jeruk juga menjadi salah satu makanan kaya antioksidan karena memiliki kandungan vitamin C cukup tinggi. Rutin mengonsumsi buah jeruk dapat membantu meningkatkan imun tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Manfaat antioksidan dalam jeruk bisa diperoleh dengan mengonsumsi buah ini secara langsung atau meminumnya dengan cara di peras tanpa tambahan gula.

4. Cokelat Hitam

Cokelat hitam merupakan salah satu contoh makanan kaya antioksidan yang bisa dijadikan sebagai camilan sehat. Pasalnya, cokelat hitam mengandung mineral dan antioksidan jauh lebih tinggi daripada jenis coklat lainnya. Dalam 100 gram cokelat hitam diketahui mengandung sekitar 15 mol antioksidan dengan skor 20.816 ORAC, yang mana lebih tinggi daripada buah bluberi.

5. Kubis Ungu

Kubis ungu diketahui mengandung antioksidan empat kali lipat lebih banyak dibandingkan kubis putih, bahkan bisa meningkat ketika direbus. Kubis ungu rebus mengandung antioksidan dengan skor ORAC mencapai 3.145, sedangkan per 100 gram kubis ungu mentah mengandung 2,2 mmol antioksidan dengan skor ORAC 2.496.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(foto: healthifyme)

YesDok Ads