LAWAN RASA MALAS, SIMAK 4 PRINSIP SUKSES ORANG JEPANG YUK!

October 19, 2023 | Dea

prinsip, jepang, ikigai, kaizen, pomodoro, wabi-sabi, malas, beban, pekerjaan

Sobat YesDok, anda pasti setuju jika rasa malas sangat sulit ditangani apalagi jika rasa malas disertai dengan rasa tertekan karena tuntutan sosial atau pekerjaan. Seringkali rasa malas hadir karena adanya beban sosial dan faktor kelelahan berlebihan yang berasal dari fisik maupun psikis seseorang.


 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan mengatasi rasa malas dengan prinsip hidup orang Jepang di bawah ini, sebagai berikut.






 

Mengenal 4 Prinsip Atasi Malas Ala Jepang

 


 

Simak 7 prinsip hidup orang Jepang dalam meningkatkan taraf hidup dan baik bagi perkembangan psikologis. Cara ini dapat meningkatkan keproduktifan, perkembangan dan terhindar dari rasa malas, antara lain:

 

  • Prinsip Ikigai
     

Ikigai - menemukan tujuan hidup. Prinsip ini  membantu seseorang untuk menentukan arah hidupnya. Karena seseorang harus menemukan jati dirinya berupa kesukaan, kemampuan, kebutuhan, dan ketakutan serta cara mengatasinya. Dengan prinsip ini seseorang membangun tujuan dan motivasi hidupnya, sehingga dapat terhindar dari rasa malas.


 

  • Prinsip Kaizen
     

Kaizen - selalu berkembang dan berproses. Prinsip ini berfokus pada perubahan dan perbaikan kecil dalam diri seseorang. Polanya yaitu berfokus pada kemajuan kecil secara bertahap dan dibutuhkan konsistensi dalam usahanya. Prinsip ini sangat baik dalam mengatasi rasa malas.

 

 

  • Prinsip Pomodoro
     

Pomodoro - manajemen waktu. Prinsip ini membagi aktivitas dalam interval setiap 25 menit  yang dipisahkan dengan istirahat singkat. Prinsipnya bekerja fokus dalam waktu 15 menit, lalu menghadiahi waktu 5 menit istirahat singkat dan menggunakan 5 menit untuk kembali fokus. Hal ini baik diterapkan untuk mempertahankan alur kerja yang stabil.



 

  • Prinsip Wabi-Sabi

 

Wabi-Sabi - menerima ketidaksempurnaan. Prinsip ini berusaha untuk mengenalkan keindahan lewat ketidaksempurnaan. Hal ini mendorong seseorang untuk menghargai unsur-unsur kehidupan yang sederhana, tanpa hiasan atau alami. Prinsip ini membantu seseorang terhindar dari rasa perfeksionis yang meningkatkan rasa malas. Prinsip ini juga membuat seseorang lebih menghargai dirinya dan sekitar. 







 

REFERENSI 


 

https://uniquetimes.org/7-japanese-techniques-to-overcome-laziness-and-find-your-ikigai/

https://www.aesinternational.com/blog/education/weekend-reading-2023-10

YesDok Ads