Kenali Gejala Stroke Ringan yang Perlu Anda Perhatikan

April 11, 2023 | Kaifia

Gejala Stroke Ringan

Transient Ischemic Attack (TIA) atau yang sering disebut dengan mini stroke atau stroke ringan adalah gangguan aliran darah ke bagian otak yang terjadi secara singkat sehingga menyebabkan gejala serupa dengan stroke. Kondisi ini umumnya akan kembali pulih setelah 24 jam dan gejala-gejala yang Anda alami tidak sampai merusak sel otak atau menyebabkan cacat secara permanen. Anda harus mengetahui gejala stroke ringan berikut.

Healthline melansir bahwa ciri-ciri TIA serupa dengan stroke, hal yang terbaik yaitu mencari pertolongan medis darurat jika seseorang mengalaminya. Mengetahui dan mengidentifikasi tanda-tanda mini stroke bisa membantu Anda mendapatkan perawatan yang Anda butuhkan sedini mungkin.

Gejala stroke ringan

Gejala stroke ringan identik dengan stroke biasa. Berikut adalah beberapa gejala stroke ringan atau TIA, antara lain

  • Kesulitan bicara
  • Kelemahan otot
  • Pusing
  • Kesulitan memahami obrolan
  • Kebingungan
  • Koordinasi dan keseimbangan menurun
  • Sakit kepala parah
  • Wajah tampak terkulai

Gejala stroke ringan biasanya terjadi secara tiba-tiba. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengenali gejala-gejala kondisi tersebut dan mendapatkan perawatan medis sesegera mungkin untuk memperoleh pemulihan mini stroke secara optimal. 

Penyebab stroke ringan

Pada kasus mini stroke atau strolke ringan, gumpalan pada arteri yang terhubung ke bagian otak tersebut bersifat sementara dan dapat diserap kembali lalu memulihkan aliran darah yang tepat secara normal kembali. 

Mengutip dari artikel Healthline, terkadang bahan berlemak yang terdapat di arteri juga bisa menjadi penyebab stroke ringan atau mini stroke. Beberapa faktor risiko yang berkontribusi meningkatkan penggumpalan darah, yaitu antara lain

Anda dapat menerapkan perubahan gaya hidup sehat seperti meningkatkan asupan diet sehat, berhenti merokok, memonitor kondisi medis seperti kolesterol dan hipertensi serta mengurangi asupan alkohol, perubahan-perubahan tersebut bisa membantu menurunkan tingkat risiko terserang gejala stroke ringan atau mini stroke.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads