KENALI CIRI-CIRI EMOTIONAL NUMBNESS (MATI RASA) MENJALANI KEHIDUPAN

October 27, 2023 | Dea

emotionalnumbness, emosional, perasaan, matirasa, psikis, fisik, hampa, kosong

Sobat YesDok, pernahkah anda berhadapan dengan seseorang yang mengalami mati rasa secara emosional? Dirinya tidak dapat merasakan dan mendefinisikan perasaan yang sedang ia alami.
 

Selain itu, sosok ini juga tidak memiliki tujuan dan arah hidup yang jelas, karena kehampaan yang ia rasakan membuatnya menjadi sosok yang careless dan menutup diri. Oleh karena itu, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.





 

Mengenal Emotional Numbness
 

Emotional numbness merupakan kondisi mental yang membuat pengidapnya menekan diri dan perasaan, sehingga membuatnya mengalami reaktivitas emosional atau berkurangnya respon emosional di dalam dirinya.
 

Kondisi ini terjadi secara alam bawah sadar dan tidak dapat dikontrol oleh pengidapnya. Ini merupakan salah satu gangguan disosiasi. Mati rasa dapat muncul karena seseorang mengalami rasa sakit pada psikis dan fisik yang sering, kejadian traumatis, sistem saraf simpatik. 
 

Akibatnya, kondisi ini membuat otak mengalami disfungsi dalam merespon perlindungan. Salah satunya bertugas untuk menjaga diri saat sistem saraf mengalami kelebihan beban.


 

Berikut ini gejala - gejala emotional numbness, antara lain:
 

  • Merasa datar dalam menjalani hidup
     
  • Merasa terasing yaitu hilangnya koneksi orang lain
     
  • Kehilangan minat 
     
  • Perasaan dan pikiran tidak sejalan
     
  • Mengalami krisis identitas



 

Berikut ini kondisi yang mungkin terjadi saat mengalami emotional numbness, antara lain:

 




 

Jika anda memiliki keluarga dengan ciri-ciri seperti di atas, sebaiknya anda mengarahkannya untuk berkonsultasi kepada psikolog. Karena hal ini dapat berdampak buruk dan indikasi bunuh diri. 
 

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI  



 

https://www.verywellmind.com/emotional-numbing-symptoms-2797372

https://www.unitypoint.org/news-and-articles/a-therapist-explains-why-we-shut-down-when-flooded-with-big-emotions

https://www.mariecurie.org.uk/talkabout/articles/emotional-numbness-grief/346166

YesDok Ads