Wortel Ternyata Bisa Menjaga Kesuburan Pria!

July 13, 2019 | Aqiyu

Sehat itu mahal. Begitu pula dengan kesuburan seorang pria.

Kesuburan pria dapat memengaruhi masalah keturunan. Jadi, kesuburan pria juga berperan penting, bukan hanya kesuburan wanita. menjaga kesuburan seorang pria dapat dilakukan dengan menjaga pola makan dan makanan yang dikonsumsi.

Salah satu makanan yang dapat menunjang kesuburan seorang pria adalah wortel. Wortel bukan hanya bermanfaat bagi penglihatan saja. Sayuran berwarna orange ini dapat menjaga kesuburan sperma. Hal ini tentu dapat membantu pasangan yang sedang melakukan program hamil dan ingin meningkatkan kesehatan seksual. Jangan heran jika banyak orang dewasa yang gemar memakan wortel.

Peneliti dari Harvard University, Amerika, membuktikan bahwa wortel adalah makanan terbaik dalam menjaga kesuburan sperma. Wortel dapat membuat sperma jauh lebih kuat karena kandungan karotenoid.

Wortel juga dapat meningkatkan performa sperma antara 6,5-8 persen, seperti yang dilansir Dailymail. Sehingga sprema lebih lincah dan gesit dalam proses pembuahan. Fakta inilah yang menjadikan wortel makanan peningkat kesuburan pria.

"Dalam populasi pria muda yang sehat, asupan karotenoid dikaitkan dengan motilitas sperma yang lebih tinggi", kata salah satu pemimpin penelitian.

YesDok Ads

Tak cuma mendongkrak kualitas sperma, wortel juga memiliki peran penting lainnya seperti mengatasi impotensi. Impotensi terjadi karena kurangnya kandungan potassium, dimana kandungan potassium tersebut sangat mudah dijumpai pada wortel. Potasium dapat melancarkan aliran darah sehingga memudahkan pria untuk ereksi dan meningkatkan ereksi.

Munculnya masalah difungsi ereksi pun dikaitkan dengan kadar kalium rendah dan tingkat vitamin E yang berkurang. Wortel juga bisa mencegah penuaan dini, dengan melambatnya penuaan dini tersebut dapat membantu mencegah disfungsi ereksi akibat pertambahan usia.

Selain itu, manfaat wortel lainnya bagi kesuburan pria adalah menjaga kesehatan prostat. Sebuah penelitian terbaru di University of York juga membuktikan jika nutrisi wortel ampuh mencegah kanker prostat.

Karena kandungan vitamin A pada wortel akan membentuk asam retenoic yang bisa mencegah penyebaran virus kanker. Untuk itu, disarankan agar Anda rajin mengonsumsi wortel sejak dini agar memiliki risiko yang lebih kecil untuk terkena kanker prostat di usia senja. 

(Foto: pixabay)

YesDok Ads