Sering Merasa Lapar? Mungkin Ini Penyebabnya!

May 17, 2021 | Kaifia

Seorang wanita sedang merasa aus.

Rasa lapar adalah sinyal yang dikirim oleh tubuh untuk memberitahu bahwa tubuh membutuhkan asupan makanan.

Kebanyakan orang tertentu bisa bertahan selama beberapa jam di antara waktu makan sebelum mereka merasa lapar lagi, meskipun hal ini bisa tidak terjadi pada semua orang.

Umumnya, kekurangan nutrisi yang cukup termasuk pola makan yang tidak teratur seperti kurangnya asupan protein, lemak atau serat dan ditambah dengan stres yang berlebihan yang dimana dapat berpengaruh terhadap proses tubuh.

Perlu diperhatikan bahwa kondisi yang membuat seseorang terus menerus merasa lapar dapat menjadi tanda kondisi medis yang membutuhkan perawatan.

Penyebab

Diet gula tinggi

Sebuah tinjauan tahun 2015 menunjukkan bahwa mengonsumsi terlalu banyak gula terutama fruktosa mampu meningkatkan nafsu makan. 

Hal tersebut dapat menyebabkan tubuh memproduksi lebih banyak ghrelin dan berpengaruh pada aktivitas tertentu di otak sehingga selalu membuat seseorang terasa kurang kenyang.

Kekurangan asupan protein

Protein merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. 

Protein memiliki sifat pengurang rasa lapar yang bisa membantu Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori di siang hari. 

Ia bekerja dengan meningkatkan produksi hormon yang menandakan rasa kenyang dan mengurangi tingkat hormon yang merangsang rasa lapar tersebut.

Akibat hal itu, ketika Anda tidak mengonsumsi protein yang cukup, Anda mungkin bisa merasakan lapar yang terus menerus.

Dehidrasi

Beberapa bukti dapat menunjukkan bahwa minum air putih membantu seseorang merasa kenyang.

Peran air putih yang membuat Anda kenyang, Anda mungkin merasa sering lapar jika alami dehidrasi atau kurangnya asupan cairan dalam tubuh. Perasaan haus dapat disalahartikan sebagai perasaan lapar. Ketika Anda sedang merasa lapar, cobalah untuk minum dua air gelas untuk mengetahui bahwa Anda hanya haus.

Peningkatan rasa lapar yang terjadi terus menerus juga bisa menjadi efek samping dari beberapa obat tertentu, hal itu juga bisa menunjukkan kondisi kesehatan seperti diabetes tipe 2. Apabila Anda alami perasaan yang konstan dan penurunan berat badan yang signifikan, sangat disarankan untuk segera berkonsultasi ke dokter.

YesDok Ads