0 Point
Bintik gelap

Muncul Bintik Gelap di Kulit, Apa Sebabnya?

Bintik-bintik gelap pada kulit, atau hiperpigmentasi, terjadi ketika beberapa area kulit menghasilkan lebih banyak melanin dari biasanya. Melanin bertugas memberikan warna pada mata, kulit, dan rambut.

Bintik-bintik gelap pada kulit merupakan kondisi yang tidak perlu dikhawatirkan dan juga tidak memerlukan perawatan khusus, meskipun banyak orang menginginkan untuk menghilangkannya.

Bintik-bintik gelap pada kulit bisa berkisar dari coklat muda sampai coklat tua. Warna bintik gelap mungkin tergantung pada warna kulit seseorang. Bintik-bintik yang muncul juga memiliki tekstur yang sama dengan kulit dan tidak menyakitkan.

Bintik gelap juga memiliki ukuran yang bervariasi dan dapat muncul di bagian tubuh mana pun, tetapi paling sering muncul pada area yang sering terpapar sinar matahari.

Bintik gelap sering muncul di area berikut:

  • Punggung tangan
  • Wajah
  • Punggung
  • Bahu

Pada orang dengan kulit lebih gelap, bintik-bintik gelap biasanya akan memudar dalam kurun waktu 6 sampai 12 bulan. Namun, ada juga bintik-bintik yang lebih gelap yang membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk memudar. Biasanya, bintik-bintik ini akan tampak biru atau abu-abu, meskipun ada juga bintik yang mungkin memiliki warna cokelat lebih gelap daripada warna kulit alami seseorang.

Ada beberapa hal yang bisa menjadi penyebab munculnya bintik gelap pada kulit, yakni:

Kerusakan akibat sinar matahari

Paparan sinar matahari berlebih juga bisa menyebabkan munculnya bintik-bintik gelap di kulit. Area tubuh yang paling sering terpapar sinar matahari, seperti wajah, tangan, atau lengan, kemungkinan besar akan dihiasi dengan bintik-bintik gelap atau biasa disebut juga dengan bintik matahari.

Perubahan hormon

Melasma adalah kondisi kulit yang menyebabkan bercak-bercak kecil kecokelatan di kulit. Kondisi ini lebih sering terjadi pada wanita, terutama saat hamil. Menurut American Academy of Dermatology, perubahan hormon dapat memicu melasma.

Efek samping obat

Obat-obatan tertentu dapat meningkatkan pigmentasi kulit dan menyebabkan munculnya bintik-bintik gelap. Penyebab paling umum adalah obat anti-inflamasi non steroid (NSAID), tetrasiklin, dan obat psikotropika.

Peradangan

Bintik gelap juga bisa berkembang setelah terjadinya peradangan pada kulit. Peradangan dapat terjadi karena berbagai alasan, termasuk eksim, psoriasis, cedera pada kulit, dan jerawat .

Penyembuhan luka

Bintik hitam mungkin tersisa setelah terjadinya gigitan serangga, luka bakar, atau luka sembuh. Ini bisa memudar seiring berjalannya waktu.

Iritasi

Produk kosmetik kulit atau rambut dapat mengiritasi kulit, yang kemudian dapat menyebabkan terbentuknya bercak-bercak hitam atau kecokelatan.

(Foto: prevention.com)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
  Customer Service :
help@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2022 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok