Kenali Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

January 18, 2023 | Iman

Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Sakit pinggang sebelah kanan perlu diperhatikan dan dicari tahu penyebabnya. Selain dapat mengganggu aktivitas sehari-hari, kondisi ini bisa menjadi tanda adanya gangguan kesehatan tertentu seperti gangguan otot.

Gangguan otot pada pinggang bagian kanan biasanya disebabkan oleh beberapa hal, seperti cedera saat olahraga atau terlalu sering mengangkat beban berat. Di mana masalah otot ini memerlukan penanganan lebih lanjut agar tidak menimbulkan komplikasi yang lebih serius.

Apa penyebab sakit pinggang sebelah kanan? Sebenarnya terdapat sejumlah penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang perlu Anda waspadai, mulai dari cedera otot, gangguan ginjal, hingga endometriosis. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Masalah pada Ginjal

Ginjal pada sisi kanan yang mengalami gangguan, seperti infeksi ginjal dan batu ginjal dapat menyebabkan pinggang di bagian tersebut terasa nyeri. Selain rasa nyeri, gangguan ginjal juga turut disertai oleh gejala lain seperti tekanan darah tinggi, perubahan frekuensi dan warna urine, rasa nyeri saat buang air kecil, hingga pembengkakan pada tangan atau kaki.

2. Gangguan Otot

Mengangkat beban berat secara berlebihan dapat meningkatkan risiko cedera dan bisa menyebabkan pinggang sebelah kanan terasa sakit apabila otot-otot di bagian kanan kaku dan menegang. Sakit pinggang karena hal ini biasanya terjadi secara mendadak dan disertai oleh kram serta kedutan pada otot. Selain itu, cedera otot pada bagian pinggang juga dapat membuat penderitanya kesulitan untuk membungkuk atau berdiri.

3. Gangguan Empedu

Kantong empedu terletak pada bagian perut sebelah kanan, tepatnya di bawah organ hati. Jika kantong empedu mengalami gangguan, maka dapat menyebabkan perut sebelah kanan terasa nyeri hingga menjalar ke pinggang.

4. Penyempitan Tulang Belakang

Penyempitan tulang belakang atau spinal stenosis adalah kondisi yang umumnya disebabkan oleh radang sendi atau arthritis. Penyempitan tulang belakang ini berisiko menyebabkan gangguan bantalan saraf pada tulang belakang atau bahkan saraf terjepit sehingga membuat pinggang sebelah kanan maupun kiri terasa nyeri.

Nyeri pada pinggang akan semakin terasa ketika penderita berjalan atau berdiri dalam kurun waktu lama.

5. Endometriosis

Kondisi ini merupakan salah satu penyebab sakit pinggang sebelah kanan pada wanita yang terjadi karena tumbuhnya jaringan endometrium di luar rahim. Endometriosis tidak hanya menimbulkan sakit pinggang saja, namun juga dapat menyebabkan nyeri pada perut bagian bawah dan punggung.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok

(foto: medicalnewstoday)

YesDok Ads