0 Point
Lelah

Hindari Hal Ini saat Sedang Lelah

Apakah Anda dilanda lelah sepanjang waktu? Apakah selama ini Anda sudah mendapatkan waktu tidur yang berkualitas? Jika belum, mungkin ini menjadi penyebab Anda kelelahan sepanjang waktu.

Anda memerlukan siklus tidur yang konsisten jika ingin terbebas dari kelelahan, baik kelelahan fisik maupun mental. Kelelahan yang terus dibiarkan, bisa mengacaukan semua fungsi tubuh, termasuk pelepasan hormon, sistem kekebalan tubuh, pengendalian berat badan, dan lain-lain. Kelelahan juga bisa menyebabkan hilangnya energi, konsentrasi menurun, daya ingat buruk, dan suasana hati yang buruk.

Perubahan gaya hidup diperlukan jika Anda tak ingin terus-menerus mengalami kelelahan. Selain itu, Anda juga harus mengelola stres dengan baik, sehingga tubuh dan mental Anda tidak terus-menerus diserang lelah.

Di saat lelah, ada beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda kerjakan, seperti:

Jangan ngemil di malam hari

Jangan memanjakan diri dengan ngemil di tengah malam ketika tubuh dan mental Anda sedang kelelahan. Tubuh tak akan bisa lagi mencerna makanan setelah Anda tidur. Terlebih, jika Anda mengonsumsi camilan yang tidak sehat dan tidak bergizi, ini bisa menyebabkan mulas dan sulit tidur.

Jangan begadang di akhir pekan

Banyak orang suka begadang di akhir pekan. Sayangnya, ini bisa mengganggu siklus tidur, karena Anda akan tidur lebih larut dan bangun lebih siang. Ini akan mendorong tubuh untuk melakukan hal serupa, bahkan di hari ketika Anda sudah harus kembali bekerja dan beraktivitas.

Jangan minum alkohol

Jika Anda berpikir meminum alkohol dapat membuat tidur Anda lebih pulas, maka Anda salah. Minum alkohol sebelum tidur bisa mengganggu fase tidur REM Yang akan membuat tidur Anda berantakan.

Jangan terlalu lama mengakses media sosial

Media sosial seringkali terlalu berisik, dan ini justru bisa membuat mental Anda semakin lelah. Istirahatkan diri Anda sejenak dari media sosial ketika Anda sedang kelelahan. Selain itu, cahaya biru dari layar ponsel juga bisa memengaruhi otak, dan membuat Anda sulit tidur untuk beristirahat.

Jangan makan junk food

Saat lelah, tubuh cenderung memilih makanan yang berlemak dan berkalori tinggi. Selain tidak sehat untuk tubuh, makanan-makanan ini bisa menyebabkan penambahan berat badan. Cobalah mengonsumsi makanan yang lebih bernutrisi, sehingga dapat mengembalikan energi yang hilang dan membuat Anda terbebas dari rasa lelah yang mengganggu.

(Foto: bespokehr.com.au)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok