Bye-Bye Bau Kaki, Ini Tips Terbaik untuk Anda

August 19, 2020 | Claudia

Kaki

Tentu tak seorang pun ingin mengalami masalah bau kaki. Ini merupakan masalah memalukan yang juga bisa menurunkan kepercayaan diri bagi yang mengalaminya. Bau kaki biasanya muncul ketika ada produksi keringat berlebih di area kaki. Keringat yang terjebak akibat pemakaian alas kaki membuatnya jadi lingkungan yang nyaman bagi bakteri penyebab bau kaki untuk berkembang biak.

Penggunaan alas kaki yang tidak dapat menyerap keringat dengan baik, ditambah kebiasaan malas membersihkan kaki, membuat masalah bau kaki menyeruak dan parah. Jika Anda tak mau berurusan dengan masalah memalukan ini, maka satu-satunya jalan adalah rutin melakukan perawatan untuk kaki, dan memerhatikan pemakaian alas kaki Anda.

Berikut sejumlah tips perawatan kaki yang juga bisa mengatasi masalah bau kaki:

Bedak bayi

Menaburkan sedikit bedak bayi ke dalam sepatu sebelum memakainya juga membantu mengatasi masalah bau kaki. Bagaimana bisa? Ini karena bedak bayi dapat membantu kaki untuk tetap kering sehingga tak ada lagi produksi keringat berlebih di kaki yang bisa menimbulkan bau tak sedap.

Minyak lavender

Menggunakan minyak lavender untuk mengusir bau kaki merupakan salah satu perawatan yang bisa Anda andalkan. Hal ini karena minyak lavender dipercaya dapat membunuh bakteri penyebab bau kaki. Tambahkan beberapa tetes minyak lavender ke dalam air hangat, dan rendam kaki Anda ke dalamnya. Merendam kaki di dalam campuran air hangat dan minyak lavender dapat secara efektif mengatasi bau dan membuat kaki Anda lebih harum. Selain dengan perendaman kaki, mengoleskan beberapa tetes minyak lavender juga dapat membantu mengatasi masalah bau kaki. 

Baking soda

Penggunaan baking soda juga bisa membantu mengatasi masalah bau kaki. Perawatan dengan baking soda dapat mencegah bakteri penyebab bau kaki berkembang biak. Anda bisa mengoleskan pasta baking soda ke seluruh permukaan kaki Anda, atau menaburkan baking soda pada sepatu dan kaus kaki Anda, agar bau kaki tidak lagi tercium.

Teh hijau

Merendam kaki dalam larutan teh hijau juga bisa membantu mengatasi masalah bau kaki. Tuangkan air hangat ke dalam ember dan celupkan beberapa kantong teh hijau ke dalamnya. Rendam kaki Anda ke dalam larutan teh hijau dan bersantailah. Teh hijau dapat menetralkan bakteri penyebab bau kaki dan membuat kaki lebih segar.

(Foto: thestatesman.com)

YesDok Ads