SIMAK 8 TANDA ALAMI KETERGANTUNGAN DALAM HUBUNGAN ASMARA

December 01, 2023 | Dea

Ketergantungan adalah, arti ketergantungan, contoh ketergantungan, ketergantungan dalam asmara, teori ketergantungan, ketergantungan dalam asmara, codependency, hubungan asmara, yesdok

Sobat yesdok, salah satu hal yang paling menyenangkan dalam hidup adalah menjalin hubungan asmara dengan seseorang yang memiliki arti baginya. Akibatnya, itu dapat membuat seseorang sulit untuk bersikap realistis atau kehilangan akalnya dalam mencintai. 

Mereka yang mengalami kondisi ini disebut sebagai codependency, dan mereka mungkin sangat bergantung pada pasangan mereka untuk memenuhi kebutuhan emosional mereka. Tanpa dukungan atau persetujuan pasangan, mereka mungkin merasa sulit untuk mengatasi perasaan mereka sendiri.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

8 Tanda Alami Ketergantungan Asmara

Dalam hubungan asmara, seorang individu sangat bergantung pada pasangannya secara emosional, psikologis, dan bahkan fisik. Ini dikenal sebagai "ketergantungan dalam hubungan asmara". 

Dalam hubungan yang bergantung pada satu sama lain, batasan individu seringkali tidak jelas, dan fokus yang berlebihan pada kebutuhan dan keinginan pasangan dapat menyebabkan kehilangan identitas pribadi. Mereka mungkin kehilangan minat atau kegiatan yang mereka sukai dan merasa sulit untuk membedakan diri mereka sendiri dari pasangan mereka.

Keseimbangan, saling dukung-mendukung, dan otonomi individu diperlukan dalam hubungan asmara yang sehat. Namun, dalam beberapa situasi, ketergantungan berlebihan dapat merusak keseimbangan ini, menyebabkan situasi yang disebut codependency. 

 

Berikut ini beberapa tanda bahwa seseorang mengalami ketergantungan dalam hubungan asmara, antara lain:
 

1. Kurangnya Batasan Pribadi

Kurangnya batasan pribadi adalah tanda kesetiaan bersama. Mereka yang memiliki kecenderungan untuk menjadi codependent mungkin mengalami kesulitan menetapkan batasan yang jelas antara diri mereka sendiri dan pasangan mereka. Mereka mungkin merasa sulit untuk mengatakan "tidak" dan seringkali enggan untuk memenuhi kebutuhan pribadi mereka sendiri.

 

2. Ketergantungan Emosional yang Berlebihan

Pasangan yang bergantung pada satu sama lain mungkin merasa kehilangan identitas mereka tanpa keberadaan satu sama lain dan bergantung pada pasangan mereka untuk mendapatkan kebahagiaan atau stabilitas emosional. Ini adalah gejala yang sering terjadi dalam hubungan yang bergantung pada satu sama lain.

 

3. Kesulitan Menyatakan Pendapat Sendiri

Mereka mungkin menahan diri karena khawatir akan menimbulkan konflik atau mengecewakan pasangan jika mereka menyuarakan keinginan atau kebutuhan mereka.
 

4. Rasa Tanggung Jawab yang Berlebihan 

Orang yang bergantung pada orang lain sering merasa bertanggung jawab atas kebahagiaan dan keberhasilan pasangan mereka. Mereka juga mungkin merasa perlu untuk membantu dan mendukung orang lain, bahkan jika itu merugikan kesehatan pribadi mereka.
 

5. Rasa Takut akan Penolakan atau Hukuman

Pasangan yang mengalami codependency mungkin takut ditolak atau dihukum oleh pasangan mereka. Ketakutan ini dapat menghambat mereka untuk mengungkapkan keinginan atau kebutuhan mereka sendiri.
 

6. Ketergantungan pada Validasi Eksternal

Ketergantungan pada validasi eksternal adalah tanda ketergantungan. Individu ini mungkin mencari persetujuan atau pengakuan dari pasangan mereka atau orang lain agar mereka merasa dicintai atau bernilai.
 

7. Rendahnya Kontrol

Mereka yang bergantung pada satu sama lain mungkin merasa perlu untuk mengambil kendali atas situasi atau pasangan mereka karena mereka merasa aman dan aman dalam hubungan mereka.
 

8. Kehilangan Identitas Pribadi

Pasangan yang tergantung pada satu sama lain dapat mengalami kehilangan identitas pribadi. Mereka mungkin merasa sulit untuk membedakan diri dari pasangan mereka dan mungkin kehilangan minat atau kegiatan yang mereka sukai sebelumnya.Pasangan yang tergantung pada satu sama lain dapat mengalami kehilangan identitas pribadi. Mereka mungkin merasa sulit untuk membedakan diri dari pasangan mereka dan mungkin kehilangan minat atau kegiatan yang mereka sukai sebelumnya.
 

Jika anda memiliki keluarga dengan riwayat tersebut, sebaiknya anda mengarahkannya untuk berkonsultasi kepada psikolog. Karena penyebab ini dapat membuatnya rentan mengidap gangguan mental di masa depan. 

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://psychcentral.com/lib/symptoms-signs-of-codependency#signs-of-codependency

https://www.choosingtherapy.com/codependent-relationship-signs/

https://www.helpguide.org/articles/relationships-communication/codependency.htm

 

YesDok Ads