0 Point
risiko Kerusakan Fungsi Hati

Begadang Tingkatkan Risiko Kerusakan Fungsi Hati

Tidur merupakan salah satu kebutuhan manusia yang sangat penting. Dalam sehari setidaknya manusia dianjurkan tidur minimal 7-8 jam sehari. Bahkan jika kurang tidur akan mengganggu kesehatan. Begitu juga dengan begadang yang dapat meningkatkan risiko kerusakan fungsi hati.

Tidur yang cukup tidak hanya berfungsi untuk mengistirahatkan organ tubuh saja. Tidur juga dapat membantu mengoptimalkan kembali sistem pertahanan tubuh untuk melawan serangan penyakit. Jam biologis tubuh dirancang untuk mengatur proses metabolisme tubuh serta waktu tidur agar dapat berjalan sebagaimana mestinya. Jika jam biologis Anda kacau karena terlalu sering begadang. Maka akan mengganggu fungsi organ-organ di dalam tubuh salah satunya organ hati.

Sebuah penelitian dari Baylor College of Medicine, mengatakan bahwa kebiasaan sering begadang dapat menimbulkan risiko kanker hati. Itu artinya, faktor utama yang menyebabkan kerusakan hati adalah waktu tidur yang tidak teratur. Hal ini dikarenakan kinerjanya terganggu dan banyaknya racun yang menumpuk. Sehingga kanker bisa muncul pada hati. Selain itu, begadang atau terganggunya jam biologis juga dapat mengganggu organ-organ tubuh lainnya.

Begadang pada dasarnya memaksa tubuh untuk tetap terjaga disaat tubuh menurunkan aktivitas gua relaksasi. Kerusakan fungsi hati ini mengintai para pekerja malam. Pada orang yang bekerja malam hari risiko terjadinya sirosis hepatis menjadi lebih tinggi dibandingkan dengan orang yang bekerja di siang hari. Sirosi hepati ini sangat berbahaya dan dapat mengganggu metabolisme tubuh.

Kerusakan hati yang terjadi memiliki gejala berupa kulit kuning seperti hepatitis. Jika sudah mencapai tingkat sirosis maka jaringan hati banyak yang mulai rusak dan berujung pada kanker hati. Biasanya keluhan pada kerusakan hati ini muncul ketika fungsi hati sudah sangat rendah. Sehingga saat diketahui adanya gangguan, biasanya kondisinya sudah mencapai tahap yang parah.

Hati yang mengalami kerusakan dan penurunan fungsi hingga 50 persen pada beberapa orang tidak menunjukkan gejala. Kemudian saat kondisi memburuk, gejalanya berupa mudah lelah, tubuh berwarna kuning, dan bilirubin tinggi.lalu, saat gejala diketahui kondisi fungsi hati mungkin sudah hanya tinggal 30% dan mengalami pembengkakan. Kondisi ini tentu membutuhkan penanganan yang cepat dan tepat.

Berikut informasi mengenai begadang yang dapat tingkatkan risiko kerusakan fungsi hati.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: indian youth)

SHARE TO SOCIAL MEDIA

YesDok is an ehealth service that is reachable through mobile platform which is very powerful and easy to use. Penetrating 17.504 islands and 260 million users in Indonesia.

DMCA.com Protection Status

   

INDONESIA
SINGAPORE
YesDok Pte. Ltd.
LAYANAN PENGADUAN KONSUMEN
  Customer Service :
help@yesdok.com
 
Direktorat Jendral Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga-Kementerian Perdagangan RI
: +6285311111010
CONTACT
  Corporate Info :
info@yesdok.com
GUIDE
FOLLOW US
   

COPYRIGHT ©2023 ALL RIGHTS RESERVED BY YesDok