TRENDING DI NETFLIX, SIMAK GANGGUAN MENTAL YANG DIALAMI LEE DOONA YUK!

November 17, 2023 | Dea

leedoona, drakor, netflix, mentalhealth, panicattack, anxiety, mentalillness, depresi, passivesuicidalthoughts, yesdok

Sobat  YesDok, tahukah anda drakor yang lagi trending di Netflix yang berjudul Lee Doona? Tentunya drakor ini sangat viral karena membahas karakter doona itu sendiri dan tekanan hidup yang ia alami selama berkarir menjadi idol K-pop.
 

Lee doona diperankan oleh aktris papan atas Bae Suzy, tentunya akting yang ditampilkan menjadi sangat memukau karena aktris multitalent ini. Meskipun Lee doona hidup dengan popularitas dan banyak yang mengidolakannya, hal tersebut tidak dapat membuat dirinya hidup dengan nyaman. 



 

Oleh karena itu, simak gangguan mental yang dialami Lee Doona di bawah ini, sebagai berikut.





 

4 Gangguan Mental Lee Doona


 

Gangguan mental adalah salah satu masalah psikologis yang dapat  terjadi oleh siapapun. Kondisi kesehatan ini mempengaruhi pikiran, perasaan, perilaku dan suasana hati yang dapat terjadi sesekali atau berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

 

Gangguan mental dapat memperburuk hubungan sosialnya dengan seseorang, pekerjaan dan aktivitas sehari-hari. Gejala umum yang dialami oleh seseorang dengan gangguan mental yaitu sering merasa sedih, halusinasi, stress, paranoid, merasa putus asa dan mengisolasi diri.


 

Berikut ini beberapa jenis gangguan mental yang umum dirasakan oleh public figure yang direpresentasikan melalui drakor Lee Doona, antara lain:



 

Serangan panik dapat terjadi secara tiba-tiba dan tanpa peringatan. Kondisi ini bisa terjadi karena perasaan takut yang intens karena situasi menegangkan yang dapat membuat seseorang kehilangan kendali dirinya secara impulsif. Gejala umum yang biasa dialami penderita panic attack yaitu merasa kehilangan kendali tubuh, mengalami sesak napas, merasa pusing dan tubuh terasa gemetaran.
 

Kondisi ini ditampilkan lewat drakor Lee Doona saat dirinya terjatuh dari panggung ketika sedang melakukan konser. Tanpa sadar dirinya mengalami kecemasan dan kehilangan kendali tubuh,

 

Selain mengalami panic attack saat berada di atas panggung, umumnya kondisi ini disertai dengan gejala kecemasan atau anxiety. Berbagai dampak yang dirasakan penderita anxiety yaitu menjadi lebih mudah tersinggung atau sensitif, kesulitan berkonsentrasi, sering gelisah, kesulitan tidur, overthinking dan selalu berprasangka. 
 

Kondisi ini ditampilkan dalam salah satu scene Lee Doona yang selalu duduk sambil merokok di luar ruangannya menandakan dirinya sedang berusaha untuk menghilangkan gejala kecemasan yang ia rasakan setiap harinya.



 

Kondisi ini yang paling jelas terlihat oleh Lee Doona, karena setiap harinya Lee Doona menjalani kehidupan dengan bermalas-malasan, tanpa tujuan, dan cenderung mengabaikan kesehatan dirinya. Gejala lainnya yaitu dirinya yang selalu terlihat kelelahan, harga diri yang rendah dan mengisolasi diri.


 

Kondisi ini ditandai saat Lee Doona selalu melakukan tindakan sembrono dan impulsif tanpa memikirkan dampak kedepannya. Selain itu, dirinya selalu berpikir untuk membahayakan dirinya, ditambah dirinya yang dikucilkan dan selalu kesepian membuatnya selalu membahayakan kesehatan dirinya.


 


 

REFERENSI



 

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/panic-attacks/symptoms-causes/syc-20376021

https://www.choosingtherapy.com/passive-suicidal-ideation/

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/9536-anxiety-disorders

https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/depression

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1314/definisi-mental-illnessgangguan-mental

YesDok Ads