Tips Mempersiapkan Diri Sebelum Medical Check Up

April 10, 2023 | Iman

Mempersiapkan Diri Sebelum Medical Check Up

Medical check up adalah istilah medis yang berarti pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh. Medical check up tidak hanya disarankan untuk orang dengan indikasi penyakit tertentu, namun bisa juga dilakukan oleh setiap orang dengan tujuan mencegah timbulnya penyakit atau mendeteksi risiko penyakit di masa depan.

Tips Mempersiapkan Diri Sebelum Medical Check Up

Sebelum menjalani medical check up, akan lebih baik jika Anda memperhatikan beberapa hal berikut ini untuk mempersiapkan Diri Sebelum Medical Check Up:

1. Pilih Layanan Kesehatan yang Tepat

Usahakan untuk memilih layanan kesehatan dengan fasilitas lengkap, profesional, terakreditasi, serta mengutamakan mutu pelayanan pasien seperti di rumah sakit. Biaya medical check up di rumah sakit akan tergantung dari tipe atau paket medical check up yang dilaksanakan. Dengan melakukan medical check up di rumah sakit, pasien akan mendapatkan layanan yang lebih lengkap dan hasil pemeriksaan yang lebih cepat didapatkan.

2. Tentukan Paket MCU Sesuai Kondisi Kesehatan

Terdapat beberapa jenis paket medical check up, mulai dari paket basic hingga paket lengkap. Karena itu, pilihlah paket medical check up yang sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Jangan ragu untuk melakukan konsultasi dengan tim medis terkait paket medical check up yang sesuai kondisi Anda.

3. Hal Lain yang Perlu Disiapkan

Di samping itu, Anda juga perlu menyiapkan beberapa informasi yang biasanya akan ditanyakan oleh dokter sebelum pasien menjalani medical check up. Seperti:

  • Keluhan atau gejala medis yang dialami pasien.
  • Penggunaan obat-obatan, termasuk herbal dan suplemen.
  • Riwayat kesehatan keluarga pasien serta riwayat operasi dan perawatan yang pernah dijalani pasien.
  • Diet yang sedang dijalani oleh pasien.
  • Ada atau tidaknya peralatan medis yang ditanamkan dalam tubuh, misalnya alat pacu jantung.

Waktu yang Tepat untuk Medical Check Up

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk medical check up? Bagi seseorang yang memiliki riwayat kesehatan keluarga dengan penyakit tertentu, misalnya penyakit jantung, hipertensi, diabetes melitus dan kanker sangat disarankan melakukan medical check up secara rutin untuk mengetahui perkembangan penyakitnya. 

Hal ini dikarenakan penyakit tersebut dapat diturunkan secara genetika dan risikonya bisa meningkat akibat gaya hidup sehari-hari. Namun, jika telah menerapkan gaya hidup sehat, maka risiko terjadinya penyakit tersebut dapat dicegah.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(foto: swacon hospital)

YesDok Ads