SIMAK 8 PENYEBAB KEPUTIHAN BAU AMIS YUK!

January 17, 2024 | Dea

penyebab keputihan bau amis, keputihan bau amis, keputihan bau amis dan gatal, keputihan bau amis saat hamil muda, keputihan bau amis tanda apa, keputihan bau amis tapi tidak gatal, yesdok

Sobat Yesdok, meskipun mengalami keputihan adalah kondisi alami wanita, bau yang tidak sedap dapat merupakan tanda masalah kesehatan yang perlu diperhatikan. Dalam artikel ini, kami akan membahas delapan alasan keputihan berbau amis.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

8 Penyebab Keputihan Bau Amis

Berikut ini beberapa penyebab bau amis pada keputihan, antara lain:
 

1. Bakteri Vaginosis (BV)

Bakteri vaginosis adalah salah satu penyebab umum bau amis pada keputihan. Perubahan bakteri alami di vagina dapat menyebabkan ketidakseimbangan bakteri, menghasilkan bau yang mirip dengan bau ikan atau amis.
 

2. Infeksi Jamur

Infeksi jamur terutama infeksi Candida dapat menyebabkan keputihan dengan bau amis. Pertumbuhan jamur yang berlebihan dapat mengubah pH vagina dan menciptakan bau yang tidak menyenangkan.
 

3. Infeksi Menular Seksual (IMS)

IMS seperti trichomoniasis, gonore, atau klamidia dapat mengubah bau keputihan, jadi penting untuk menemukan dan mengobati IMS segera untuk menghindari komplikasi.
 

4. Kebersihan yang Kurang

Sangat penting untuk menjaga area genital tetap bersih karena kurangnya kebersihan dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri yang menghasilkan bau tak sedap.
 

5. Penggunaan Produk Perawatan yang Berlebihan

Produk perawatan yang mengandung bahan kimia kuat atau pewangi buatan dapat merusak keseimbangan bakteri vagina dan menyebabkan bau amis. Produk perawatan yang lembut sesuai dengan pH vagina  yang alami.
 

6. Kondisi Medis Serius

Beberapa kondisi medis, seperti diabetes dan gangguan hormonal, dapat memengaruhi bau keputihan. 
 

7. Reaksi terhadap Makanan atau Minuman

Aroma keputihan dapat disebabkan oleh konsumsi makanan tertentu, seperti bawang atau asparagus, serta minuman tertentu, seperti kopi atau alkohol. 
 

8. Stres dan Kondisi Emosional

Keadaan emosional dan stres dapat memengaruhi keseimbangan hormonal, yang dapat menyebabkan perubahan bau pada keputihan. Anda harus mengelola stres dengan baik dan meminta bantuan jika diperlukan.

Langkah awal dalam menjaga kesehatan reproduksi wanita adalah memahami penyebab keputihan berbau amis. Jika bau tidak sedap terus-menerus atau disertai dengan gejala lain, penting untuk tidak mengabaikan gejala dan pergi ke dokter. Pemahaman yang lebih baik akan membantu wanita menjaga kesehatan vagina dan kehidupan seksual mereka.

 


Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/vaginal-health/what-you-need-to-know-if-your-vagina-has-a-fishy-odor

https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/17905-vaginal-odor

https://www.livi.co.uk/your-health/why-does-my-vagina-smell-8-causes-of-vaginal-odour/

YesDok Ads