SIMAK 5 REMPAH PROTEKSI TUBUH DARI SEL KANKER YUK

November 07, 2023 | Dea

Rempah indonesia, rempah proteksi sel kanker, manfaat kunyit melawan kanker, manfaat jahe melawan kanker, manfaat cabai melawan kanker,  rempah-rempah asli indonesia,  bumbu rempah, kanker, yesdok

Sobat YesDok, tahukah anda bahwa rempah-rempah yang tumbuh di Indonesia, sebagian besar adalah faktor pencegah kanker. Tentunya hal ini harus dibanggakan dan disyukuri karena penyakit paling mematikan ini dapat dicegah melalui rempah-rempah.


 

Oleh karena itu,  untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasannya di bawah ini, sebagai berikut.


 


 

5 Rempah Proteksi Tubuh 


 

Berikut ini merupakan rempah-rempah yang dapat memproteksi tubuh dari pertumbuhan sel kanker, antara lain:

 

  • Kunyit
     

Kunyit adalah bahan aktif polifenol yakni kurkumin, yang terbukti dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu kunyit juga merupakan anti inflamasi, antioksidan, Selain itu bermanfaat bagi penderita kanker prostat,  saluran cerna,  payudara, tumor otak, dll. 


 

  • Jintan Hitam
     

Terkenal sebagai rempah dan bumbu oriental yang mengandung bahan aktif seperti minyak tetap, minyak atsiri, alkaloid, protein dan saponin. Selain itu diperkaya dengan bahan aktif Thymoquinone yang bertanggung jawab atas aktivitas antikanker dan antineoplastiknya terhadap berbagai tumor dan lini sel kanker. 


 

  • Jahe
     

Diperkaya dengan kandungan gingerol  dan zingerone yang memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasinya yang dapat melindungi dari kanker. Jahe sering dijadikan rempah untuk makanan berkuah seperti sup dan minuman untuk penghangat tubuh.


 

  • Bawang Putih
     

Bawang putih memiliki sifat pencegah kanker, sensitisasi kemo, antioksidan dan imunomodulator. Bawang putih dapat memperlambat perkembangan siklus sel dan menginduksi apoptosis sebagai lini sel kanker.  Selain itu dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang melawan penyakit dan mengurangi pertumbuhan sel kanker.


 

  • Cabai Merah
     

Rempah dan bumbu ini sangat sering dipakai untuk berbagai makanan, karena menambah cita rasa dan sensasi pedas yang menambah nafsu makan. Cabai merah dapat mencegah kanker, karena mengandung capsaicin yang dikenal antioksidan yang kuat.  Kandungan ini dapat melawan sel kanker prostat.






 

REFERENSI


 

https://www.admaconcology.com/2020/06/26/cancer-preventing-spices/

https://www.mhs.net/news/2016/09/cancer-fighting-herbs-and-spices

https://www.masseycancercenter.org/news/diet-and-nutrition-spices-for-cancer-prevention

 

YesDok Ads