BANTU LANSIA ATASI RASA CEMASNYA DENGAN 5 CARA INI YUK!

October 30, 2023 | Dea

lansia, kecemasan, anxiety, stress, mentalhealth, yoga, hobi, sosialisasi, berkebun

Sobat YesDok, tahukan anda bahwa lansia sangat sering mengalami gangguan kecemasan? Di usianya yang rentan dengan berbagai penyakit fisik, membuat dirinya mengalami berbagai kesulitan dan keterbatasan fisik. Hal tersebut sangat memungkinkan dirinya mudah mengidap perasaan cemas dalam kesehariannya.

 

Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa cara untuk mengatasi rasa cemas lansia, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.






 

5 Cara Mengatasi Rasa Cemas


 

Gangguan kecemasan atau anxiety menimbulkan perasaan yang sangat mengganggu keseharian orang dewasa khususnya lansia. Karena rasa cemas dapat menimbulkan perasaan takut berlebihan, gelisah, khawatir, hingga stress.
 

Tidak seperti orang dewasa yang dapat mengalihkan rasa cemas dengan mudah, karena kemampuan fisik yang memadai. Bagi lansia untuk melakukan self healing adalah hal yang cukup sulit karena keterbatasan gerak tubuhnya. Sehingga untuk mengatasi rasa cemasnya cenderung membutuhkan bantuan orang lain.

 

Namun ada beberapa hal yang dapat dilakukan lansia secara mandiri agar dapat mengatasi rasa cemasnya, berikut ini adalah beberapa caranya, antara lain:


 

  • Melakukan latihan pernapasan
     

Cara ini merupakan latihan paling mudah untuk diterapkan pada lansia, karena dengan konsisten melatih pernapasannya akan mengurangi resiko penyakit jantung dan asma. Latihan mendukung yang sederhana dilakukan bagi lansia yaitu melakukan meditasi seperti yoga dan peregangan tubuh.


 

  • Bersosialisasi Sesama Lansia
     

Melakukan sosialisasi dengan rekan seusianya seperti mengikuti arisan, komunitas menanam bunga, dll. Hal ini tentunya dapat meningkatkan moodnya.

 

  • Melakukan hobi
     

Melakukan kegiatan seperti merajut sambil mendengarkan musik, berkebun, memancing, dll, dapat mengurangi kecemasan dan meredakan stress.
 

 

  • Merawat hewan
     

Mengadopsi kucing atau anak anjing dapat  membuat lansia merasa nyaman dan tidak kesepian. Hal ini membuat perhatiannya menjadi lebih terfokus pada perawatan sehingga mengalihkannya dari rasa cemas.



 

  • Berjalan-jalan disekitar rumah
     

Berjalan di sekitar rumah khususnya  saat pagi hari dapat menyehatkan pernapasan lansia. Selain itu, mengurangi kecemasan dalam dirinya karena dapat memberikan relaksasi pada dirinya.





 

REFERENSI



 

https://www.homeinstead.com/care-resources/health-conditions/How-to-calm-older-adult-anxiety/

https://www.aagponline.org/patient-article/anxiety-and-older-adults-overcoming-worry-and-fear/

https://www.ncoa.org/article/anxiety-and-older-adults-a-guide-to-getting-the-relief-you-need

YesDok Ads