SIMAK 5 GEJALA GLAUKOMA PADA MATA

February 02, 2024 | Dea

glaukoma adalah, gejala glaukoma, penyebab glaukoma, ciri ciri glaukoma, penyakit glaukoma, mata glaukoma, glaukoma itu apa, glaukoma penyebab, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda mengenai Glaukoma? penyakit mata ini menyebabkan peningkatan tekanan di dalam mata yang merusak saraf optik dan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen jika tidak diobati. Langkah penting dalam pencegahan dan pengobatan glaukoma adalah memahami penyebabnya. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Gejala Glaukoma

Berikut ini beberapa gejala glaukoma pada mata seseorang, antara lain:

 

1. Penglihatan Kabur atau Berkabut

Gejala awal glaukoma dapat termasuk penglihatan kabur atau berkabut. Bahkan dengan kacamata, pasien mungkin merasa sulit melihat atau membaca dengan jelas.
 

2. Penglihatan Tunnelling atau Hilangnya Bidang Penglihatan Perifer

Salah satu efek glaukoma adalah kehilangan bidang penglihatan perifer, yang sering disebut sebagai penglihatan tunnelling. Penderita glaukoma mungkin mengalami kesulitan melihat objek di samping atau kehilangan detail di pinggir penglihatan mereka.
 

3. Sakit atau Kemerahan Mata

Peningkatan tekanan intraokular dapat menyebabkan nyeri atau kemerahan pada mata. Gejala ini bisa berulang dan dapat disertai dengan sakit kepala.
 

4. Mata Sering Terasa Berat atau Letih

Mata terasa berat atau letih karena glaukoma, terutama setelah aktivitas yang membutuhkan penggunaan mata seperti membaca atau melihat televisi.
 

5. Mata yang Menjadi Lebih Sensitif terhadap Cahaya

Gejala glaukoma termasuk sensitivitas terhadap cahaya atau fotofobia, penderita glaukoma mungkin merasa tidak nyaman atau terganggu oleh cahaya yang lebih terang dari biasanya. Usia lanjut, riwayat glaukoma dalam keluarga, dan penyakit mata lainnya adalah beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan glaukoma. 
 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/glaucoma/symptoms-causes/syc-

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/4212-glaucoma

https://www.aao.org/eye-health/diseases/what-is-glaucoma

YesDok Ads