6 JENIS MANIPULASI YANG SERING TERJADI DALAM HUBUNGAN

January 23, 2024 | Dea

apa itu manipulasi, contoh manipulasi, ciri ciri manipulator, ciri manipulatif, arti manipulasi cinta, arti manipulatif, sifat manipulatif adalah, variabel manipulasi, yesdok

Sobat Yesdok, dalam artikel ini,  akan dibahas enam jenis manipulasi yang sering terjadi dalam hubungan yang dapat merusak kepercayaan, kesehatan emosional, dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Jenis Manipulasi Dalam Hubungan

Berikut ini beberapa jenis manipulasi dalam hubungan, antara lain:

 

1. Gaslighting

Gaslighting adalah taktik manipulasi yang bertujuan untuk meragukan kewarasan atau pengalaman seseorang. Pelaku gaslighting seringkali mengubah fakta, menolak bertanggung jawab, atau merendahkan perasaan dan persepsi korban untuk menimbulkan keraguan dan kebingungan.
 

2. Silent Treatment 

Cara manipulatif untuk mengontrol atau menghukum pasangan adalah melalui perlakuan diam, juga dikenal sebagai perawatan diam. Ini menimbulkan kecemasan, ketakutan, dan tekanan emosional pada pasangan sehingga mereka tidak tahu apa yang salah atau bagaimana memperbaiki hubungan mereka.
 

3. Playing the Victim

Pelaku mungkin merendahkan diri mereka sendiri, mengalihkan tanggung jawab, dan membuat pasangan merasa bersalah dengan mengambil peran korban.
 

4. Mengancam Diri Sendiri

Dalam manipulasi yang berbahaya, pelaku menggunakan ancaman bunuh diri atau kekerasan terhadap diri sendiri untuk mendapatkan perhatian pasangan atau mendominasi mereka.
 

5. Menyalahkan Pasangan

Menyalahkan pasangan adalah strategi manipulasi di mana pelaku meletakkan tanggung jawab atas masalah atau kesalahan pasangan. Ini dapat merusak kepercayaan diri pasangan dan mengganggu hubungan.
 

6. Penghinaan dan Penipuan Emosional

Penghinaan dan penipuan emosional adalah perilaku atau kata-kata yang merendahkan, merendahkan, atau merusak harga diri pasangan. Pelaku mungkin menggunakan kata-kata kasar, mengkritik secara berlebihan, atau menjauhkan pasangan dari dukungan sosial.

Manipulasi dalam hubungan dapat menyebabkan stres emosional, depresi, kecemasan, dan masalah kesehatan mental secara keseluruhan. Langkah pertama untuk melindungi diri dan menjaga keharmonisan hubungan adalah mengidentifikasi tanda-tanda manipulasi.

Untuk mencegah dampak negatifnya, penting untuk memahami dan mengenali jenis manipulasi hubungan. Hubungan yang sehat dan saling menghormati memerlukan komunikasi yang terbuka, batasan yang jelas, dan penegakan batas pribadi. 


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.choosingtherapy.com/manipulation-tactics/

https://www.verywellmind.com/manipulation-in-marriage-2302245

https://www.sacap.edu.za/blog/applied-psychology/types-of-gaslighting/

YesDok Ads