SAATNYA DATANG BULAN, SIMAK 8 CARA MEREDAKAN NYERI PERUT SAAT PMS

December 18, 2023 | Dea

cara agar perut tidak sakit saat pms, ciri ciri pms, pms berapa hari, apa arti pms bagi wanita, tanda tanda pms, cara mengatasi pms, cara menghilangkan sakit perut saat pms, ciri pms, pms hari pertama, yesdok

Sobat Yesdok, nyeri perut saat mengalami Sindrom Pramenstruasi (PMS) dapat menjadi sangat menyiksa dan merusak hari-hari wanita. Hal ini membuat banyak perubahan dalam diri wanita karena terjadinya perubahan hormon. Selain itu, dapat berdampak pada fisik, termasuk timbulnya jerawat. Gejala ini dapat mencakup kram perut, ketidaknyamanan, dan perubahan mood yang signifikan.

Oleh Karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

8 Cara Meredakan Nyeri Perut

Berbagai gejala sindrom pramenstruasi (PMS), termasuk nyeri perut, dapat mempengaruhi kualitas hidup dan produktivitas, dan merupakan masalah umum yang seringkali mengganggu keseharian wanita. 

Berikut beberapa cara meredakan nyeri perut saat PMS, antara lain:
 

1. Panaskan Area Perut dengan Bantuan Bantal Pemanas

Panaskan bantal pemanas pada area perut yang sakit. Ini adalah metode sederhana namun efektif untuk meredakan nyeri perut saat PMS. Suhu hangat dapat merilekskan dan meredakan ketegangan yang menyebabkan nyeri pada otot.
 

2. Olahraga Ringan untuk Mengurangi Ketegangan

Aktivitas fisik sederhana seperti berjalan kaki atau berenang dapat membantu mengurangi nyeri perut yang disebabkan oleh sindrom premenstrual. Ini karena olahraga meningkatkan aliran darah ke panggul dan melepaskan endorfin, yang mengurangi rasa sakit dan meningkatkan mood.
 

3. Terapkan Teknik Relaksasi Seperti Yoga dan Meditasi

Pilih teknik relaksasi yang sesuai dengan preferensi Anda dan praktikkan secara teratur untuk membantu menjaga keseimbangan fisik dan emosi, karena yoga dan meditasi dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi stres dan ketegangan yang dapat memperburuk nyeri perut saat PMS.
 

4. Konsumsi Makanan Sehat dan Hindari Kafein

Perubahan pola makan yang kaya akan serat, seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian utuh, dapat membantu mengurangi nyeri perut yang disebabkan oleh PMS. Hindari kafein karena dapat meningkatkan ketegangan dan nyeri otot.

 

5. Minum Air Putih Secukupnya

Gejala PMS, termasuk nyeri perut, dapat diperburuk oleh dehidrasi. Untuk menjaga tubuh terhidrasi, minum banyak air putih. Air dapat membantu mengurangi retensi cairan dan mengurangi ketegangan otot.
 

6. Konsumsi Suplemen Nutrisi tertentu

Konsultasikan dengan profesional kesehatan Anda sebelum mengambil suplemen apa pun, dan pastikan dosisnya sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Beberapa suplemen nutrisi, seperti vitamin B6 dan magnesium, telah dikaitkan dengan pengurangan gejala PMS, termasuk nyeri perut.

 

7. Manfaatkan Efek Positif Orgasme

Menurut beberapa penelitian, orgasme melepaskan endorfin, yang berfungsi sebagai analgesik alami, yang dapat membantu mengurangi nyeri perut yang disebabkan oleh sindrom premenstrual. Meskipun demikian, memiliki hubungan intim yang positif juga dapat meningkatkan mood.
 

8. Pertimbangkan Penggunaan Obat Antiinflamasi Nonsteroid (OAINS)

Selama sindrom premenstrual sindrom (PMS), obat anti inflamasi nonsteroid (NSAID), seperti ibuprofen, dapat membantu mengurangi nyeri perut dan peradangan. Namun, konsultasikan dengan dokter Anda sebelum menggunakan obat ini, terutama jika Anda saat ini mengonsumsi obat lain atau memiliki kondisi medis tertentu.


 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengurangi dampak nyeri perut saat PMS dan meningkatkan kenyamanan selama periode ini. Namun, jika nyeri perut Anda menjadi lebih parah, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan saran yang sesuai dengan kondisi medis Anda.

Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://www.healthline.com/health/womens-health/menstrual-cramp-remedies#prevention 

https://www.healthpartners.com/blog/13-ways-to-stop-period-pain/

https://www.medicalnewstoday.com/articles/324484#orgasm

https://www.webmd.com/women/ss/slideshow-get-rid-of-cramps

 

YesDok Ads