PENYEBAB KANKER TULANG PADA BAYI

April 01, 2024 | Dea

penyebab kanker tulang, gejala kanker tulang, gejala kanker tulang belakang, apa penyebab kanker tulang, kanker tulang adalah, apa itu kanker tulang, ciri ciri kanker menyebar ke tulang, yesdok

Sobat Yesdok, ketika sel-sel abnormal tumbuh di dalam tulang, terjadi kanker tulang, kondisi langka ini. Meskipun penyebab pasti kanker tulang belum sepenuhnya dipahami, ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan kemungkinan kondisi ini terjadi pada bayi. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Penyebab Kanker Tulang

Berikut adalah beberapa faktor yang diduga berkontribusi terhadap kanker tulang pada bayi, antara lain:
 

1. Kelainan Genetik

Beberapa jenis kanker tulang yang ditemukan pada bayi dikaitkan dengan kelainan genetik atau mutasi gen. Misalnya, retinoblastoma adalah kanker mata yang dapat menyebar ke tulang dan biasanya disebabkan oleh mutasi gen RB1  yang diwariskan dari orang tua.
 

2. Paparan Zat Berbahaya

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa paparan radiasi atau senyawa kimia tertentu dapat menyebabkan kanker tulang pada bayi. Selain itu, paparan terhadap zat berbahaya selama kehamilan atau pada masa perkembangan bayi dapat meningkatkan risiko kanker tulang.
 

3. Faktor Lingkungan

Lingkungan tempat bayi tinggal juga dapat memengaruhi risiko kanker tulang. Contohnya, polusi udara, air, atau tanah yang tercemar dapat meningkatkan risiko kanker tulang.
 

4. Infeksi

Beberapa jenis infeksi bakteri atau virus tertentu telah dikaitkan dengan pertumbuhan kanker tulang pada bayi. Infeksi seperti ini dapat merusak jaringan tulang dan memicu pertumbuhan sel-sel kanker. Namun, jenis infeksi ini jarang terjadi.
 

5. Faktor Genetik

Ada beberapa kasus di mana faktor genetik atau gen yang bermasalah dapat diwariskan dari orang tua ke anak, meningkatkan kemungkinan kanker tulang pada bayi. 

Jika bayi menunjukkan pembengkakan yang tidak normal, nyeri yang tidak hilang, atau masalah gerakan, orang tua dan penjaga bayi harus waspada terhadap gejala kanker tulang.
 

Di banyak kasus, kanker tulang pada bayi dapat diobati dengan berbagai metode, seperti terapi radiasi, kemoterapi, atau pembedahan. Namun, untuk menjamin kesehatan dan kesejahteraan bayi yang terkena kanker tulang, sangat penting untuk mendapatkan dukungan dan perawatan yang cukup dari staf medis.



 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.
 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.cancerresearchuk.org/about-cancer/bone-cancer/symptoms

https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/cancer/cancer-types-in-adults/bone-cancer/

https://www.cancer.org/cancer/types/bone-cancer/detection-diagnosis-staging/signs-symptoms.html

 

YesDok Ads