5 CARA MENGATASI KEBENCIAN DALAM DIRI

February 05, 2024 | Dea

benci diri sendiri, membenci diri sendiri menurut psikolog, sindrom membenci diri sendiri, ciri orang yang membenci dirinya sendiri, tanda membenci diri sendiri, cara agar tidak benci diri sendiri, yesdok

Sobat Yesdok, memendam kebencian terhadap diri sendiri dapat menjadi beban emosional yang sangat berat dan berdampak negatif pada kesehatan mental seseorang. Penting untuk menemukan cara yang efisien untuk mengatasi perasaan ini dan membangun kembali rasa kasih sayang pada diri sendiri. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Cara Mengatasi Kebencian Dalam Diri

Berikut beberapa cara mengatasi kebencian dalam diri, antara lain:

1. Refleksi Diri dan Kesadaran Diri

Langkah pertama yang sangat penting dalam pemulihan adalah berpikir tentang perasaan dan pikiran anda secara sadar, menemukan pola negatif yang mungkin memicu kebencian terhadap diri sendiri.
 

2. Terapi dan Konseling

Konsultasikan dengan profesional kesehatan mental atau terapis yang dapat membantu anda menemukan dan memahami akar masalah kebencian diri. Terapi dapat menawarkan dukungan, perspektif yang tidak bias, dan metode praktis untuk mengatasi perasaan yang membuat marah
 

3. Berlatih Pembatasan Positif

Anda dapat mengurangi kebencian terhadap diri sendiri dengan berfokus pada aspek positif atau kelebihan diri anda. Daftar sifat, prestasi, dan kesuksesan.
 

4. Ubah Dialog Internal Negatif

Anda tidak perlu menghukum diri sendiri sebaliknya, gunakan ungkapan atau pernyataan yang meningkatkan kepercayaan diri dan harga diri anda.
 

5. Bangun Hubungan Dukungan

Berbagi perasaan anda dengan teman, keluarga, atau orang-orang di komunitas dapat memberikan dukungan emosional. Anda dapat mengatasi kebencian terhadap diri sendiri dengan membangun hubungan yang positif karena anda akan merasa didengar, dipahami, dan didukung.

Untuk mengatasi kebencian diri, membutuhkan banyak waktu dan kesabaran. Saat diperlukan, jangan ragu untuk meminta bantuan dan dukungan profesional. Setiap orang berhak atas rasa sayang dan cinta terhadap diri mereka sendiri, dan melakukan tindakan kecil untuk memahami dan merawat diri sendiri adalah langkah pertama menuju kesehatan mental yang positif.

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.choosingtherapy.com/i-hate-myself/

https://www.verywellmind.com/i-hate-myself-ways-to-combat-self-hatred-5094676

https://screening.mhanational.org/content/i-hate-myself/?layout=mhats,actions_h

YesDok Ads