Penderita Gerd Harus Hindari Makanan Ini saat Puasa

April 14, 2023 | Iman

makanan yang harus dihindari penderita asam lambung

Bila mengonsumsi makanan yang tidak tepat akan berdampak pada semakin meningkatnya asam lambung dan menimbulkan penyakit pada sistem pencernaan, salah satunya adalah GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Anda harus mengetahui makanan yang harus dihindari penderita asam lambung.

GERD adalah salah satu gangguan pencernaan yang diakibatkan karena melemahnya katup sebelum masuk lambung, hal ini membuat makanan/minuman yang dikonsumsi akan naik kembali dari lambung ke kerongkongan, sehingga akan timbul rasa panas di dada dan ulu hati.

Makanan yang harus dihindari penderita asam lambung

Berikut makanan yang harus dihindari penderita asam lambung atau GERD:

1. Makanan berlemak

Makanan yang mengandung lemak tinggi dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Makanan yang mengandung lemak seperti daging, gorengan, makanan bersantan, coklat, dan lain-lain. Daging berlemak mengandung lemak tinggi yang menyebabkan peningkatan produksi asam lambung. Makan makanan berlemak sebaiknya dihindari pada penderita penyakit asam lambung atau GERD, karena dapat memperparah gejala sistem pencernaan yang timbul.

2. Makanan yang asam

Makanan yang asam sebaiknya dihindari pada penderita penyakit asam lambung atau GERD. Makanan yang asam seperti buah yang asam (jeruk, anggur, plum, lemon, kiwi, dll), makanan bercuka, dan lain-lain. Bila mengonsumsi makanan asam terutama pada perut yang kosong, dapat menimbulkan gejala seperti terasa panas di dada dan perut akibat naiknya asam lambung.

3. Makanan yang sulit dicerna

Makanan seperti coklat, keju, kacang, makanan yang digoreng, kue tart dan lain-lain merupakan jenis makanan yang sulit dicerna yang dapat memperlambat pengosongan lambung. Hal ini bisa menyebabkan meningkatnya asam lambung.

4. Makanan yang pedas

Makanan-makanan pedas dapat menyebabkan meningkatnya produksi asam lambung dan menimbulkan perut nyeri dan tidak nyaman.

5. Makanan dan minuman yang bergas

Seseorang yang memiliki penyakit asam lambung atau GERD sebaiknya tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung gas tinggi karena dapat memperparah sakit maag yang diderita.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(foto: hermina hospital)

YesDok Ads