Medical Check Up Pranikah Penting Dilakukan bagi Calon Suami Istri

March 06, 2023 | Iman

Medical Check Up Pranikah

Medical Check Up (MCU) pranikah atau skrining pranikah adalah serangkaian tes kesehatan bagi pria dan wanita yang akan segera menikah untuk mengetahui kondisi kesehatan masing-masing.

Hal ini mungkin belum terlalu umum dilakukan di Indonesia, sehingga tak sedikit pasangan yang melewatkannya. Padahal, MCU pranikah bertujuan untuk melihat status kesehatan masing-masing pasangan yang tentunya akan sangat berguna bagi kehidupan mereka setelah menikah nanti.

Melalui medical check up pranikah, baik pria maupun wanita, akan menjalani pemeriksaan untuk mengetahui ada atau tidaknya risiko dan riwayat kesehatan yang bersifat menular atau dapat diturunkan. Selain itu, pemeriksaan ini juga dapat mendeteksi kondisi kesehatan yang berpotensi terjadi pada keturunannya kelak.

Medical Check Up Pranikah

Berikut ini adalah beberapa jenis pemeriksaan kesehatan sebelum menikah yang umum dilakukan oleh pria dan wanita.

1. Pemeriksaan Golongan Darah dan Rhesus

Pemeriksaan ini perlu dilakukan untuk mengetahui kecocokan rhesus dan efeknya terhadap ibu serta bayi. Apabila calon suami istri mempunyai rhesus yang berbeda, kemungkinan ibu akan mengandung anak dengan rhesus berbeda pula. Kondisi ini perlu diwaspadai karena bisa mengakibatkan anak menderita anemia dan penyakit kuning pada bayi bahkan keguguran janin.

2. Pemeriksaan Darah Lengkap (Complete Blood Count)

Complete Blood Count (CBC) dilakukan untuk memeriksa komponen di dalam darah dan mendeteksi kesehatan seseorang secara umum. Tes CBC mampu mendeteksi sejumlah masalah, seperti anemia, tingkat hidrasi dan dehidrasi, penanda sel darah tepi, leukemia, reaksi inflamasi dan infeksi, dan polisitemia.

Pemeriksaan ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah ada risiko melahirkan keturunan dengan kelainan genetika, seperti thalasemia atau hemofilia.

3. Pemeriksaan Penyakit Menular Seksual

Pemeriksaan ini terdiri dari pemeriksaan VDRL/RPR untuk mendeteksi ada atau tidaknya penyakit sifilis. Selain itu, dilakukan juga pemeriksaan HbSAg untuk mendeteksi penyakit hepatitis B, serta pemeriksaan anti HIV untuk mendeteksi penyakit HIV.

Deteksi penyakit HIV/AIDS sejak dini diperlukan untuk mengendalikan dan mencegah penularan virus dari ibu kepada anaknya (mother to child transmission) ketika masih berada di dalam kandungan.

4. Pemeriksaan Gula Darah 

Pemeriksaan ini dilakukan dengan mengacu pada kadar glukosa untuk menentukan kondisi hiperglikemia pada pasangan. Hal ini berguna untuk mencegah atau mengurangi komplikasi yang disebabkan oleh diabetes saat hamil.

5. USG Ginekologi

USG ginekologi bertujuan untuk mendeteksi adanya kelainan pada rahim, seperti kista, ovarium, PCOS, mioma uteri, dan penyakit-penyakit lain yang berkaitan dengan organ reproduksi.

Berikut adalah list rekomendasi Medical Check Up Pranikah yang penting untuk Anda lakukan bersama calon pasangan Anda.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(foto: diag)

YesDok Ads