MASUK ANGIN ENAKNYA DIKEROK, AMANKAH DALAM ILMU MEDIS?

September 18, 2023 | Dea

masukangin, kerokan, nyeriotot, medis, tradisional

Sobat YesDok, anda pasti pernah merasakan tubuh seperti nyeri dan meriang apalagi saat terkena hujan atau terpapar angin di malam hari. Umumnya anda akan merasakan sesuatu yang bergerak seperti berputar-putar dalam perut anda dan terasa kembung.
 

Biasanya hal ini disertai rasa nyeri, pegal dan terasa tegang dipunggung tubuh. Namun dalam ilmu medis sebenarnya masuk angin itu tidak pernah ada. Hal ini hanya istilah awam masyarakat yang mengalami flu biasa. Biasanya jika terserang penyakit ini orang-orang melakukan teknik kerok pada punggung tubuhnya. 
 

Namun apakah hal ini aman ? oleh karena itu simak lebih lanjut penjelasannya sebagai berikut.




 

Manfaat Kerokan 


 

Kerokan adalah pengobatan tradisional dengan teknik skin coining yang menggunakan koin untuk digesekkan pada punggung tubuh seseorang ketika merasakan gejala flu common atau awamnya masuk angin.

 

Kerokan merupakan  sebenarnya aman dan boleh saja dilakukan dalam kesehatan karena hal ini bertujuan untuk merelaksasi tubuh. Ketika menggosok punggung tubuh dengan koin hal ini dapat membuat pembuluh darah melebar dan aliran darah akan mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh sehingga membuat bagian tubuh yang sakit pulih dengan optimal. Pembuluh darah kapiler yang melebar dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh.

 

Berikut ini merupakan manfaat dari kerokan saat merasakan sakit pada tubuh, antara lain:

 

  • Mempercepat pemulihan otot
  • Mengurangi sakit punggung
  • Meredakan rasa tegang disekitar leher
  • Memberikan efek relaksasi
  • Meredakan sakit kepala
  • Mempercepat pemulihan otot
  • Meningkatkan sirkulasi darah



 

Namun sobat YesDok juga harus memperhatikan beberapa hal yang dapat menyebabkan kerokan berakibat timbulnya bahaya dan iritasi pada tubuh jika melakukannya dengan cara yang salah dan tidak berhati-hati. 


 

Oleh karena itu, tetap usahakan untuk mengonsumsi obat seperti ibu profen dan paracetamol jika mengalami rasa meriang dan flu pada tubuh anda terlebih dahulu. Karena segala sesuatu akan berbahaya jika dilakukan secara berlebihan dan tidak hati-hati.



 

REFERENSI


 

https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/1432/kerokan#:~:text=Manfaat%20kerokan%20saat%20masuk%20angin%20dipercaya%20dapat%20mengurangi%20gejala%20yang,sistem%20imun%20dan%20mengurangi%20inflamasi.

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/common-cold/symptoms-causes/syc-20351605

 

YesDok Ads