LINDUNGI KESEHATAN MENTAL, HINDARI 5 JENIS ORANG TOXIC INI YUK

November 06, 2023 | Dea

Toxic people, orang toxic artinya, orang toxic adalah, ciri orang toxic, contoh orang toxic, menghadapi orang toxic, mental health, mental issues, kesehatan, psikologis, mental, psikis, yesdok

Sobat YesDok, anda pasti setuju jika kesehatan mental harus dijaga, salah satu upaya untuk melindunginya yaitu dengan menghindari potensi orang-orang toxic dalam lingkungan anda. Karena sebaik apapun anda menjalani kehidupan, orang yang toxic dapat menguras habis energi sehingga anda akan merasa frustasi dan tidak bersemangat dalam menjalani hidup.

 

Oleh karena itu, simak beberapa penjelasan di bawah ini terkait jenis toxic people yang wajib anda hindari, sebagai berikut.






 

Mengenal Orang Toxic


 

Toxic people atau orang yang memberikan pengaruh buruk dalam kehidupan merupakan sosok yang membuat seseorang merasa tidak didukung, selalu disalahkan, bahkan diperlakukan dengan kasar ataupun merasa disudutkan secara emosional, psikis dan fisik.

 

Orang toxic bagaikan racun  dengan dosis kecil yang dicampurkan perlahan-lahan ke dalam makanan, dapat merusak organ tubuh secara perlahan, hingga menyebabkan komplikasi serius pada kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa sifat yang terdapat dalam orang-orang yang toxic, antara lain:


 

  • Cemburu dan iri hati
     
  • Merasa insecure
     
  • Obsesif
     
  • Suka membuat sensasi/ pusat perhatian
     
  • Egois
     
  • Selalu merendahkan
     
  • Tidak  sopan
     
  • Kasar
     
  • Menaruh curiga






 

5 Jenis Orang Toxic


 

Berikut ini merupakan 5 jenis orang toxic, antara lain:


 

  • Judgmental People
     

Sosok ini selalu menghakimi dan menyudutkan seseorang tanpa menelusuri masalah lebih dalam. Sikap ini dapat mempengaruhi kondisi psikologis seseorang sehingga mengalami tekanan dan merasa tidak berharga.
 

Sosok ini selalu bertingkah dan berusaha membuat dirinya adalah korban di mata semua orang. Seseorang ini tidak peduli dengan pemikiran dan perasaan orang lain, sehingga berusaha untuk menyerang harga diri seseorang dengan membuat seseorang tersebut merasa bersalah sepanjang waktu.
 

Sosok ini cenderung anti sosial sehingga tidak pernah memikirkan konsekuensi akibat dari perilakunya. Selalu berusaha menjadi pusat perhatian, sehingga membuatnya membuat banyak kontroversi terhadap orang lain disekitarnya.

 

  • The controller
     

Sosok ini akan berusaha untuk mengendalikan dan mengatur orang-orang disekitarnya agar melakukan segala keinginannya. Berbeda dengan manipulatif yang berusaha untuk terlihat baik namun memiliki niat terselubung. Seorang controller sangat dominan dan menunjukkan intensinya secara terang-terangan. Hal ini dapat memicu pro dan kontra jika berhadapan dengan sosok dominan lainnya, namun dapat berpengaruh terhadap people pleaser.

 

  • The Gossiper
     

Sosok ini selalu membawa topik pembicaraan terhadap kelemahan dan keburukan pada seseorang. Hal-hal yang dibicarakan dapat berupa fakta maupun gimmick. Sosok ini menginterupsi pemikiran seseorang dan berusaha untuk setuju dengan informasinya. Selain itu, sosok ini tidak dapat dipercaya karena selalu membicarakan semua keburukan orang secara sembunyi-sembunyi.






 

REFERENSI


 

https://www.verywellmind.com/toxic-relationships-4174665

https://www.lifehack.org/626296/the-different-kinds-of-toxic-people-that-you-need-to-get-rid-of-now

https://www.redonline.co.uk/wellbeing/a28577908/signs-a-person-is-toxic/

 

YesDok Ads