Kenali Gejala Penyakit Ginjal yang Perlu Diwaspadai

April 10, 2023 | Iman

Gejala Penyakit Ginjal

Penyakit ginjal disebut juga dengan silent disease karena jarang menunjukkan gejala yang spesifik, sehingga banyak penderita tak menyadarinya. Bahkan, kondisi ini kerap baru disadari setelah kerusakan ginjal cukup parah. Padahal, jika tidak segera ditangani, kondisi ini bisa membahayakan.

Gejala Penyakit Ginjal

Agar lebih waspada, berikut adalah beberapa gejala penyakit ginjal stadium awal yang perlu diketahui.

1. Mual

Salah satu gejala penyakit ginjal stadium awal yang cukup umum dialami adalah mual. Penyebab mual pada penderita penyakit ginjal pun berbeda-beda, bisa karena uremia, gangguan otot lambung, ulkus, GERD atau efek samping obat-obatan.

2. Mudah Lelah dan Lemas

Mudah lelah dan lemas adalah gejala penyakit ginjal stadium awal yang cukup umum namun sering diabaikan. Mudah lelah, pusing, dan lemas pada penderita disebabkan oleh penumpukan racun dalam darah karena tidak tersaring dengan baik oleh ginjal. Selain itu, keluhan ini juga disebabkan oleh rendahnya produksi sel darah merah akibat penurunan produksi hormon oleh ginjal, sehingga pasien mengalami anemia.

3. Kesulitan Bernapas

Kesulitan bernapas juga sering berkaitan dengan gejala penyakit ginjal stadium awal. Hal ini dikarenakan adanya cairan berlebihan dalam tubuh yang menumpuk di paru-paru karena ginjal tidak berfungsi dengan baik.

4. Tekanan Darah Meningkat

Gejala lain dari penyakit ginjal stadium awal adalah meningkatnya tekanan darah. Tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa menjadi pemicu penyakit ginjal, namun juga dapat terjadi karena gangguan pada ginjal. Hal ini dikarenakan kemampuan ginjal untuk menyaring racun terus menurun. Selain itu, tidak seimbangnya kadar cairan dan mineral dalam tubuh juga bisa menjadi penyebabnya.

5. Pembengkakan pada Kaki

Penyakit ginjal dapat menyebabkan pembengkakan pada kaki dan betis. Gejala penyakit ginjal stadium awal ini terjadi karena penumpukan sodium di kaki dan betis.

6. Lebih Sering Buang Air Kecil

Peningkatan frekuensi buang air kecil, terutama di malam hari juga bisa menjadi salah satu gejala awal penyakit ginjal. Keinginan untuk buang air kecil lebih sering disebabkan oleh ginjal yang tak bisa melakukan penyaringan dengan baik.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: the conversation)

YesDok Ads