KEBAKARAN DI BROMO KARENA KECEROBOHAN! BEGINI DAMPAKNYA PADA KESEHATAN KITA

September 12, 2023 | Dea

Bromo, kebakaran, fotoprewedding, asap

Sobat YesDok pasti khawatir ketika pertama kali mendapatkan informasi terjadi kebakaran di Bromo. Namun, publik dibuat geram karena penyebabnya adalah human error atau kecerobohan mausia itu sendiri, yakni melakukan foto prewedding menggunakan flare. Demi kepentingan pribadi malah membuat masyarakat sekitar menjadi menderita akibat dari kebakaran yang terjadi
 

Hal ini menjadi konsen bagi kita semua untuk lebih aware lagi dalam menjaga lingkungan. Karena kita hidup berdampingan dengan alam. Keseimbangan alam sekitar sangat dibutuhkan demi kelangsungan hidup yang berkualitas.
 

Oleh karena itu sobat YesDok harus tau dampaknya kebakaran di Bromo bagi kesehatan saudara-saudara kita disekitarnya.


 

Efek Kebakaran Bagi Kesehatan Tubuh

 

Berikut merupakan hal-hal yang akan mengganggu kesehatan tubuh anda jika berada dekat dengan peristiwa kebakaran, antara lain:
 

  • Terjadinya kekeringan dan krisis air bersih

 

Jika tempat tinggal anda atau keluarga berada dalam radius dekat dengan peristiwa kebakaran di Bromo, maka akan menyebabkan krisis air bersih dan kekeringan dalam waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, kita harus segera memberikan pertolongan secara tenaga maupun materil untuk saudara kita yang tinggal dalam radius dekat dari Bromo.
 

  • Peningkatan Gelombang Panas
     

Karena besarnya kebakaran yang terjadi serta maraknya api dapat menyebabkan peningkatan suhu udara di sekitar Bromo. Hal ini menjadikan area sekitar tandus, berdebu tebal dan terik yang menyengat lebih dari biasanya menyebabkan kondisi panas yang ekstreme. 
 

  • Menyebabkan kesulitan bernafas
     

Pepatah mengatakan tidak mungkin ada asap, jika tidak ada api. Hal ini menunjukkan sebab akibat dari suatu peristiwa. Sehingga kebakaran di Bromo dapat membuat masyarakat sekitar akan kekurangan asupan O2/ oksigen. Karena komposisi asap kebakaran mengandung racun, yakni CO/ karbon monoksida, CO2/ karbon dioksida, nitrogen oksida, ozon permukaan (O3) dan SO2/ sulfur dioksida. Dapat memicu gangguan pernapasan seperti asma, infeksi paru dan saluran pernapasan. 
 

Untuk pembahasan lebih lanjut anda dapat membaca artikel YesDok terkait bahaya menghirup asap bagi tubuh.

 

  • Kerusakan ekosistem

Hal ini sangat berpengaruh bagi perkembangan dan kelangsungan hidup flora dan fauna sekitar Bromo. Terjadinya kebakaran akan menyebabkan kepunahan pada biotik/ makhluk hidup.

 

  • Gangguan pencernaan

Karena tersebarnya polutan disekitar Bromo, kemungkinan masyarakat akan terinfeksi berbagai jenis penyakit akan tinggi, salah satunya gangguan pada sistem pencernaan tubuh. Hal ini membuat sumber pangan akan terkontaminasi oleh polutan, sehingga menyebabkan gangguan saluran cerna.
 

  • Menyerang Imunitas Tubuh

Karena munculnya zat-zat kimiawi yang berbahaya bertebaran disekitar masyarakat, hal ini dapat menurunkan imunitas tubuh warga setempat. Sehingga akan lebih mudah terserang berbagai kemungkinan penyakit, fatalnya dapat menyebabkan komplikasi.

 

Sobat YesDok, meskipun kebakaran Bromo terjadi karena kesalahan salah satu pihak, namun sudah menjadi kewajiban kita bersama untuk membantu saudara kita yang terdampak. Mari berikan kontribusi untuk menolong berupa dalam bentuk sumbangan, tenaga ataupun sosialisasi terkait kesehatan. sehingga , saudara kita disana dapat hidup dengan nyaman dan mengurangi sedikit beban mereka.


 

REFERENSI

 

https://www.who.int/health-topics/wildfires#tab=tab_1

https://wildlife.ca.gov/Science-Institute/Wildfire-Impacts

https://bpbd.tebokab.go.id/bahaya-kebakaran-hutan-dan-lahan/

YesDok Ads