Berbagai Komplikasi yang Disebabkan oleh Diabetes

April 13, 2023 | Helmi

komplikasi diabetes

Diabetes adalah kondisi yang mana kadar glukosa darah, atau gula darah Anda terlalu tinggi. Glukosa berasal dari makanan yang Anda makan. Hormon yang disebut insulin membantu glukosa masuk ke sel Anda untuk memberi mereka energi.

Dengan diabetes tipe 1, tubuh Anda tidak membuat insulin. Dengan diabetes tipe 2, tubuh Anda tidak membuat atau menggunakan insulin dengan baik. Tanpa insulin yang cukup, glukosa tetap berada dalam darah Anda.

Komplikasi Diabetes

Seiring berjalannya waktu, terlalu banyak glukosa dalam darah Anda dapat menyebabkan penyakit komplikasi diabetes. Berikut ini adalah sejumlah komplikasi diabetes:

Penyakit mata

Akibat perubahan kadar cairan, pembengkakan pada jaringan, dan kerusakan pembuluh darah di mata

Masalah kaki

Disebabkan oleh kerusakan saraf dan berkurangnya aliran darah ke kaki Anda

Penyakit gusi dan masalah gigi

Penyakit gusi dan masalah gigi lainnya, karena jumlah gula darah yang tinggi dalam air liur Anda membantu pertumbuhan bakteri berbahaya di mulut Anda. Bakteri bergabung dengan makanan untuk membentuk lapisan lunak dan lengket yang disebut plak. Plak juga berasal dari makan makanan yang mengandung gula atau pati. Beberapa jenis plak menyebabkan penyakit gusi dan bau mulut. Jenis lain menyebabkan kerusakan gigi dan gigi berlubang.

Penyakit jantung dan stroke

Penyakit jantung dan stroke, disebabkan oleh kerusakan pembuluh darah dan saraf yang mengendalikan jantung dan pembuluh darah

Penyakit ginjal

Penyakit ginjal, akibat rusaknya pembuluh darah di ginjal Anda. Banyak penderita diabetes mengalami tekanan darah tinggi. Itu juga bisa merusak ginjal Anda.

Masalah saraf

Masalah saraf (neuropati diabetik), yang disebabkan oleh kerusakan saraf dan pembuluh darah kecil yang menutrisi saraf Anda dengan oksigen dan nutrisi

Masalah seksual dan kandung kemih

Masalah seksual dan kandung kemih, yang disebabkan oleh kerusakan saraf dan berkurangnya aliran darah di alat kelamin dan kandung kemih

Infeksi kulit

Kondisi kulit, beberapa di antaranya disebabkan oleh perubahan pada pembuluh darah kecil dan berkurangnya sirkulasi. Penderita diabetes juga lebih mungkin mengalami infeksi, termasuk infeksi kulit.

Jika Anda menderita diabetes, Anda perlu mewaspadai kadar gula darah yang sangat tinggi (hiperglikemia) atau sangat rendah (hipoglikemia). Ini dapat terjadi dengan cepat dan dapat menjadi berbahaya. Beberapa penyebabnya antara lain penyakit atau infeksi lain dan obat-obatan tertentu.

Untuk mencoba mencegah masalah ini, pastikan untuk meminum obat diabetes Anda dengan benar, ikuti diet diabetes Anda, dan periksa gula darah Anda secara teratur.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

YesDok Ads