BENGKAK DI LEHER, INI 8 CARA MENGATASI PENYAKIT GONDOK, SIMAK YUK!

December 21, 2023 | Dea

gondok di leher, penyakit gondok disebabkan oleh, cara mengobati penyakit gondok, obat penyakit gondok, cara mengobati gondok, cara mengatasi gondok di leher, cara mengatasi sakit gondok, cara mengatasi gondok, yesdok

Sobat Yesdok, gondok adalah kondisi medis yang dapat disebabkan oleh infeksi virus, terutama virus yang dikenal sebagai mumps. Terlepas dari fakta bahwa ada vaksin yang dapat mencegah penyakit ini, beberapa kasus masih dapat terjadi. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.
 

 

8 Cara Mengatasi Penyakit Gondok

Berdasarkan informasi dari sumber-sumber kesehatan terpercaya seperti Cleveland Clinic, Medical News Today, CDC (Centers for Disease Control and Prevention), dan National Center for Biotechnology (NCBI), artikel ini akan membahas delapan cara untuk mengatasi penyakit gondok.
 

Berikut ini beberapa cara untuk mengatasi penyakit gondok saat menyerang tubuh, antara lain:
 

1. Istirahat Cukup

Langkah pertama dalam mengatasi penyakit gondok adalah mendapatkan istirahat yang cukup. Memberi tubuh kesempatan untuk beristirahat dapat membantu sistem kekebalan melawan infeksi dan mempercepat proses penyembuhan.
 

2. Konsumsi Cairan yang Cukup

CDC menyarankan untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan mengonsumsi cairan yang cukup, seperti air putih, jus, atau kaldu sayuran. Cairan dapat mengurangi gejala seperti demam dan meringankan kondisi umum penderita gondok.
 

3. Penggunaan Obat untuk Mengatasi Gejala

Penggunaan obat antinyeri dan antipiretik, seperti ibuprofen atau paracetamol, dapat membantu mengurangi rasa sakit dan demam yang mungkin disebabkan oleh penyakit gondok. Penggunaan obat ini harus disesuaikan dengan anjuran dokter.
 

4. Kompres Dingin

Kompres dingin dapat membantu mengurangi pembengkakan dan ketidaknyamanan yang mungkin dialami oleh penderita gondok.
 

5. Hindari Makanan Asam dan Pedas

Menghindari makanan yang asam dan pedas dapat membantu mengurangi iritasi pada kelenjar liur yang mungkin terkena infeksi virus gondok, menurut NCBI.
 

6. Hindari Kontak dengan Orang Lain

Selama masa infeksi aktif, CDC menyarankan untuk menjauhi orang lain untuk mencegah penyebaran virus gondok. Ini termasuk menghindari tempat umum dan berbagi peralatan pribadi.
 

7. Terapkan Karantina

Lakukan karantina selama sembilan hari setelah gejala pertama muncul. Ini dapat membantu mencegah virus gondok menyebar ke orang lain.
 

8. Pertimbangkan Vaksinasi

Cara paling efektif untuk mencegah penyakit gondok adalah vaksinasi. CDC menekankan bahwa anak-anak dan orang dewasa harus divaksinasi secara teratur.

 

Penanganan penyakit gondok mencakup sejumlah tindakan, seperti istirahat, mengonsumsi cairan yang cukup, mengonsumsi obat yang diresepkan dokter, kompres dingin, menghindari makanan tertentu, menghindari orang lain, menerapkan karantina, dan mempertimbangkan vaksinasi. 

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter untuk memeriksakan kesehatan anda, Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.



 

REFERENSI

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15007-mumps

https://www.medicalnewstoday.com/articles/224382

https://www.cdc.gov/mumps/outbreaks/outbreak-patient-qa.html

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK534785/

 

YesDok Ads