ATUR TIME MANAGEMENT KAMU DENGAN 8 CARA INI AGAR TETAP PRODUKTIF

December 04, 2023 | Dea

time management adalah, contoh time management, apa itu time management, manfaat time management, time management skill, time management artinya, teknik pomodoro, yesdok

Sobat Yesdok, anda pasti saat ini sedang kesulitan dalam mengatur waktu antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Hal ini seringkali membuat anda merasa tertekan dan sering mengalami bentrok hingga mengurangi waktu tidur normal. Memiliki pengelolaan waktu yang baik merupakan hal yang harus dikuasai oleh semua orang agar dapat menjalani kehidupan dengan seimbang. Namun beberapa orang pasti kebingungan harus memulai dari mana.

Oleh karena itu,  untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

8 Cara Atur Time Management

Manajemen waktu yang baik adalah seni dan keterampilan. Kemampuan untuk mengelola waktu dengan bijak menjadi semakin penting di dunia modern yang sibuk dan penuh tantangan. Perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan, dan pengendalian waktu secara efektif untuk mencapai tujuan tertentu dikenal sebagai manajemen waktu. Ini melibatkan pemahaman dan penggunaan waktu dengan bijak untuk meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan efektivitas dalam melakukan tugas atau aktivitas sehari-hari.

Identifikasi prioritas, alokasi waktu untuk tugas yang paling penting, penjadwalan, penyesuaian rencana, dan penggunaan strategi tertentu untuk meningkatkan kinerja adalah semua bagian dari manajemen waktu. Manajemen waktu digunakan untuk mencapai hasil yang diinginkan, menghindari pemborosan waktu, dan mengoptimalkan penggunaan waktu.

Tidak hanya menetapkan jadwal atau tenggat waktu, manajemen waktu juga melibatkan mengidentifikasi prioritas, mengatasi prokrastinasi, dan menyesuaikan rencana dengan perubahan situasi. Dengan kata lain, manajemen waktu adalah keterampilan yang melibatkan kesadaran, disiplin, dan kemampuan untuk membuat keputusan yang tepat dalam mengelola waktu sehari-hari.

 

Berikut adalah delapan cara yang dapat membantu mengatur time management untuk tetap produktif, antara lain:
 

1. Definisikan Tujuan dan Prioritas

Mulailah dengan menetapkan tujuan jangka pendek dan panjang. Pahami tujuan dan tetapkan prioritas. Mengetahui apa yang paling penting dapat membantu fokus pada pekerjaan yang memberi manfaat.
 

2. Buat Rencana Harian atau Mingguan

Mengatur waktu dengan lebih baik dengan merencanakan kegiatan harian atau mingguan. Untuk tugas-tugas tertentu, tentukan waktu khusus dan pastikan untuk memberikan jeda waktu antara aktivitas agar Anda tidak lelah.
 

3. Gunakan Teknik Pomodoro

Teknik Pomodoro membagi waktu menjadi interval kerja singkat (biasanya 25 menit) dan istirahat singkat. Metode ini membantu tetap fokus dan tidak kejenuhan. Setelah beberapa sesi, istirahatlah lebih lama.
 

4. Hindari multitasking yang Berlebihan

Multitasking sering dianggap sebagai keterampilan yang baik, tetapi melakukannya terlalu banyak dapat menghambat produktivitas. Untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, fokuskan satu tugas sekaligus.
 

5. Atur Tenggat Waktu (Deadline)

Tenggat waktu untuk tugas-tugas membantu orang menjadi lebih disiplin dan menghindari penundaan. Pastikan tenggat waktu itu realistis dan tidak menimbulkan stres.
 

6. Evaluasi dan Sesuaikan Rencana

Evaluasi rutin rencana waktu apakah ada tugas atau perubahan prioritas yang membutuhkan lebih banyak waktu dari yang perkirakan? Sangat penting untuk tetap fleksibel dan menyesuaikan rencana jika diperlukan.
 

7. Gunakan Alat Manajemen Waktu

Menggunakan aplikasi kalender, pencatat, dan perangkat lunak manajemen proyek adalah beberapa contoh perangkat lunak yang dapat membantu mengelola waktu. Melacak tugas, mengingatkan tenggat waktu, dan mengorganisasi secara keseluruhan menjadi lebih mudah dengan alat ini.
 

8. Praktek Self Love dan Istirahat yang Cukup

Keberhasilan jangka panjang bergantung pada keseimbangan antara produktivitas dan kesehatan mental. Pastikan untuk meluangkan waktu untuk bersantai, tidur yang cukup, dan istirahat. Memiliki kesehatan fisik dan mental yang baik akan membantu bekerja lebih efisien.
 

Secara keseluruhan, dapat meningkatkan produktivitas dengan menggunakan strategi ini untuk mengelola waktu dengan lebih efisien. Ingatlah bahwa kualitas kerja dan kehidupan secara keseluruhan Anda dapat sangat dipengaruhi oleh perubahan kecil dalam kebiasaan sehari-hari.

 

REFERENSI

https://www.coursera.org/articles/time-management

https://lucemiconsulting.co.uk/time-management-techniques/

https://extension.uga.edu/publications/detail.html?number=C1042&title=time-management-10-strategies-for-better-time-management

https://psychcentral.com/health/tips-to-improve-your-time-management-skills#self-care

 

YesDok Ads