Diet
+1

ATASI CRAVING ATAU NAFSU DENGAN METODE 3D'S INI YUK!

November 07, 2023 | Dea

craving, nafsu, makan, diet, metode 3D’s, delay, distract, decide, pemicu nafsu, rasa lapar, otak, mengelola stress, intermittent fasting, buah dan sayur, olahraga rutin, yesdok

Sobat YesDok, anda pasti pernah merasakan kelaparan ataupun nafsu makan saat di malam hari? Padahal anda sudah bertekad untuk diet dengan metode menghindari makan malam. Hal lainnya yang memicu anda yakni ketika melihat makanan ataupun membicarakan makanan tertentu.
 

 

Namun tahukah anda bahwa craving atau nafsu hanya bertahan selama 30-60 menit. Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan agar dapat mengatasi craving, yakni dengan metode 3D’s. 

 

 

Untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasannya di bawah ini, sebagai berikut.





 

Mengenal Metode 3D’S


 

Craving atau nafsu merupakan suatu dorongan ataupun hasrat  untuk memiliki dan melakukan sesuatu yang bersifat harus dipenuhi dalam kurun waktu dekat. Hal ini dapat berupa dorongan seksual dan dorongan untuk makan. 
 

Demikian juga craving yaitu dorongan naluriah dan bekerja di alam bawah sadar seseorang, hal ini sulit untuk dikendalikan, serta sulit untuk terlepas dari nafsu tersebut, salah satu contohnya berupa rasa lapar. 
 

Nafsu atau craving dianalogikan bagai ombak, jika terdapat pemicunya maka nafsu makan akan datang dan otak menangkap sinyal tersebut sebagai suatu keharusan yang harus diwujudkan dalam waktu dekat.



 

Berikut ini metode untuk mengatasi craving, antara lain:

 

  • Delay
     

Usahakan untuk memasang alarm setiap 10 menit bertahap dan maksimal pada 60 menit. Dalam fase ini berusahalah untuk berniat menahan diri dari craving.


 

  • Distract
     

Buatlah fokus pikiran teralihkan dengan melakukan kegiatan tertentu, seperti menonton film, membaca buku atau sekedar berjalan-jalan melihat sekitar selama waktu yang telah ditentukan alarm sebelumnya.


 

  • Decide
     

Jika sudah berusaha untuk menahan diri dan mengalihkan fokus dari craving, cobalah untuk membuat keputusan. Cek diri sendiri secara spesifik apakah masih merasa lapar atau rasa tersebut sudah menurun. Jika merasakan penurunan keinginan artinya tubuh tidak benar-benar merasa lapar.






 

Namun jika tetap memiliki keinginan terhadap craving, berusahalah untuk mengarahkannya kepada hal yang lebih baik, seperti memakan buah atau sayur, menghindari karbo dan tepung, batasi porsi makanan, mengonsumsi secara perlahan, menghindari makanan dan minuman manis dan kelola stress dengan rutin berolahraga. Atau dapat membiasakan diri dengan menerapkan intermittent fasting.





 

REFERENSI



 

https://scitechdaily.com/8-ways-to-curb-cravings-during-intermittent-fasting/

https://www.getselfhelp.co.uk/docs/3Ds.pdf

https://health.kompas.com/read/2022/10/24/120000168/7-cara-menghindari-keinginan-makan-manis-atau-sugar-craving?page=all

 

YesDok Ads