8 TANDA SAKIT MENTAL, SALAH SATUNYA AKU PENGEN SENDIRI AJA!

January 02, 2024 | Dea

gejala sakit jiwa, tanda tanda gangguan jiwa, ciri ciri gangguan mental, gejala gangguan jiwa, ciri ciri mental illness, ciri ciri orang gangguan jiwa, tanda gangguan jiwa, apa itu mental disorder, yesdok

Sobat Yesdok, kesehatan mental adalah bagian penting dari kesejahteraan kita yang seringkali diabaikan. Sangat penting untuk memberikan dukungan kepada diri sendiri atau orang-orang di sekitar kita ketika kita menyadari tanda-tanda awal masalah kesehatan mental.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

8 Tanda Sakit Mental

Berikut ini beberapa tanda saat seseorang menderita sakit mental, antara lain:
 

1. Perubahan Dalam Mood

Perubahan drastis dalam mood adalah salah satu tanda kesehatan mental. Ini bisa mencakup perasaan sedih yang berkepanjangan, kecemasan yang tidak terkendali, atau perasaan hampa.
 

2. Perubahan Pola Tidur 

Ketidakseimbangan emosional atau masalah tidur seperti insomnia atau tidur berlebihan dapat menjadi tanda masalah kesehatan mental.
 

3. Perubahan Berat Badan yang Tidak Terkendali

Berkurangnya berat badan secara tiba-tiba tanpa upaya untuk mengubah gaya hidup atau pola makan dapat menjadi tanda masalah kesehatan mental.
 

4. Penarikan Diri Sosial

Seseorang mungkin mengalami kesulitan emosional jika mereka mulai menghindari aktivitas sosial, menghindari teman-teman, atau mengurangi jumlah interaksi sosial secara keseluruhan.
 

5. Kesulitan Berkonsentrasi

Tanda masalah mental dapat mencakup kesulitan untuk fokus atau mempertahankan perhatian. Ini bisa mencakup kesulitan memproses informasi, mengambil keputusan, atau bahkan kesulitan menyelesaikan tugas sehari-hari.
 

6. Peningkatan Perilaku Merugikan

Perubahan dalam perilaku, seperti mengambil obat-obatan atau alkohol, dapat menunjukkan adanya masalah kesehatan mental yang mendasarinya.
 

7. Perubahan Perilaku Makan

Masalah kesehatan mental dapat ditunjukkan oleh masalah makan seperti nafsu makan yang meningkat atau menurun, atau pola makan yang tidak sehat.
 

8. Pikiran atau Perasaan yang Mengganggu

Pikiran atau perasaan yang tidak biasa, seperti pikiran bunuh diri atau perasaan putus asa yang berlebihan, adalah tanda serius yang memerlukan perhatian segera.
 

Langkah pertama yang sangat penting dalam membantu diri sendiri atau orang lain adalah mengidentifikasi tanda-tanda gangguan mental. Penting untuk diingat bahwa tanda-tanda ini mungkin berbeda-beda dan mungkin tidak muncul sekaligus.

Sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter atau psikolog untuk memeriksakan kesehatan anda, Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 
 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.healthdirect.gov.au/signs-of-mental-health-issues

https://www.betterhealth.vic.gov.au/health/servicesandsupport/types-of-mental-health-issues-and-illnesses

https://www.webmd.com/mental-health/signs-mental-illness

https://www.psychiatry.org/patients-families/warning-signs-of-mental-illness

 

YesDok Ads