CARA ATASI KAKI KESELEO

March 27, 2024 | Dea

kaki keseleo, cara mengatasi kaki keseleo, cara mengobati kaki keseleo, cara menyembuhkan kaki keseleo, obat kaki keseleo dan bengkak, cara pijat kaki keseleo yang benar, cara mengobati kaki yang keseleo, cara mengatasi kaki yang keseleo, yesdok

Sobat Yesdok, Cedera yang dikenal sebagai kaki keseleo dapat terjadi pada siapa pun, kapan pun, dan di mana pun. Meskipun sakit dan mengganggu, dengan perawatan yang tepat, anda dapat mengatasi keseleo dan kembali ke aktivitas normal dalam waktu yang singkat. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Perawatan Kaki Keseleo

Berikut adalah panduan praktis untuk membantu mengatasi kaki keseleo dengan cepat dan efektif, antara lain:
 

1. Istirahatkan Kaki

Jika kaki anda sakit, hindari aktivitas yang dapat memperburuk cedera, seperti berjalan jauh atau berlari. Anda juga harus memberi kaki waktu yang cukup untuk pulih.
 

2. Terapkan Kompres Dingin

Setelah cedera, kompreskan area yang terluka dengan air dingin secepat mungkin. Ini akan membantu mengurangi rasa sakit dan pembengkakan. Aplikasikan es dengan handuk tipis selama 15–20 menit setiap kali, beberapa kali sehari.
 

3. Angkat Kaki

Mengangkat kaki yang terluka di atas tingkat jantung dapat membantu mengurangi pembengkakan karena aliran darah kembali ke jantung meningkat.
 

4. Kompresi

Untuk mengurangi pembengkakan dan memberikan dukungan tambahan kepada kaki yang cedera, gunakan perban elastis atau perban khusus untuk kaki yang terluka.
 

5. Istirahat, Es, Kompresi, dan Elevasi (RICE)

Metode RICE adalah metode umum untuk merawat kaki keseleo. Ini menggunakan kompresi, elevasi, istirahat, dan es untuk membantu mempercepat penyembuhan.
 

6. Konsumsi Obat Penghilang Nyeri

Jika diperlukan, anda dapat mengambil obat penghilang rasa sakit tanpa resep, seperti paracetamol atau ibuprofen, untuk mengurangi rasa sakit dan peradangan.
 

7. Pijatan dan Terapi Fisik

Setelah beberapa hari, pijatan lembut dan latihan fisik dapat membantu anda kembali fleksibel dan kuat.

 

Untuk mencegah cedera yang sama di masa depan, gunakan alas kaki yang mendukung dan lakukan latihan penguatan. Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.


 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.nationwidechildrens.org/conditions/foot-sprain-or-strain

https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000652.htm

https://www.mayoclinichealthsystem.org/hometown-health/speaking-of-health/sprained-your-ankle-now-what

 

YesDok Ads