7 TANDA MANIPULASI DALAM HUBUNGAN

March 18, 2024 | Dea

manipulasi adalah, manipulasi, apa itu manipulasi, arti manipulasi, contoh manipulasi, dimanipulasi, manipulasi perasaan, contoh kalimat manipulasi, yesdok

Sobat Yesdok, manipulasi dalam hubungan dapat merusak kepercayaan seseorang, kesehatan emosional, dan kesejahteraan psikologis. Karena manipulator cenderung pandai menyamar, tanda-tanda manipulasi kadang-kadang mungkin sulit untuk dikenali. Namun, dengan menyadari perilaku yang meragukan, anda dapat melindungi diri dari kerugian yang disebabkan oleh manipulasi. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Tanda Manipulasi 

Berikut adalah tujuh tanda manipulasi dalam hubungan yang patut diwaspadai, antara lain:
 

1. Pengendalian Terhadap Keputusan

Ketidakseimbangan dalam pengambilan keputusan dalam hubungan adalah tanda utama manipulasi. Manipulator cenderung menguasai proses pengambilan keputusan dan menolak pendapat atau kebutuhan anda. Mereka mungkin juga menggunakan ancaman atau pujian palsu untuk memperoleh kontrol penuh atas situasi.
 

2. Penyalahgunaan Emosi

Untuk mencapai tujuan mereka, manipulator sering menggunakan emosi. Mereka dapat memanipulasi perasaan dengan mengancam untuk meninggalkan anda, menyakiti diri sendiri, atau mengungkit perasaan bersalah. Taktik-taktik ini dapat menyebabkan ketergantungan emosional pada manipulator.
 

3. Pembatasan Diri 

Manipulator cenderung membatasi kebebasan dan cara anda berinteraksi dengan orang lain. Mereka mungkin mengkritik teman atau keluarga, membatasi sumber daya, atau bahkan mungkin mengontrol cara anda berbicara dengan orang lain.
 

4. Penolakan terhadap Tanggung Jawab

Ketika konflik muncul dalam hubungan, manipulator cenderung tidak mau mengakui kesalahan atau tanggung jawab mereka. Mereka mungkin memutarbalikkan fakta atau menyalahkan anda atas masalah yang muncul.
 

5. Pemalsuan Kebutuhan

Manipulator sering mengatakan bahwa anda sumber kebahagiannya. Mereka mungkin memanfaatkan rasa bersalah atau ketergantungan untuk memenuhi kebutuhanya, tanpa memperhatikan kebutuhan anda sendiri.
 

6. Pemecahan Isolasi

Manipulator sering mencoba menghindari dukungan dari luar untuk mempertahankan kontrol. Mereka mungkin mengkritik atau meremehkan teman dan keluarga anda, membuat tidak nyaman untuk mencari dukungan di luar mereka.
 

7. Perubahan Identitas

Manipulator dapat mencoba mengubah gambar diri atau membuat ragu prinsip dan tujuan hidup anda. Mereka mungkin memanipulasi anda agar sesuai dengan gambar yang mereka inginkan, bukan dengan siapa anda sebenarnya.

 

Penting untuk diingat bahwa manipulasi dalam hubungan bukanlah tanda cinta atau perhatian yang baik. Jika anda mengalami tanda-tanda manipulasi dalam hubungan, penting untuk mencari bantuan dan dukungan dari orang yang anda percaya. Mengakui tanda-tanda manipulasi adalah langkah pertama menuju hubungan yang sehat dan berkelanjutan.

 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.webmd.com/mental-health/signs-manipulation

https://psychcentral.com/lib/tactics-manipulators-use-to-win-and-confuse-you

https://www.healthline.com/health/mental-health/emotional-manipulation

 

YesDok Ads