7 SYARAT DONOR DARAH YANG PERLU DIPERHATIKAN

February 12, 2024 | Dea

syarat donor darah, persyaratan donor darah, syarat pendonor darah, syarat donor darah pertama kali, syarat mendonorkan darah, syarat syarat donor darah, syarat untuk donor darah, yesdok

Sobat Yesdok, Donor darah adalah tindakan amal yang sangat penting untuk menyelamatkan nyawa orang lain. Namun, beberapa syarat harus dipenuhi untuk proses donor darah yang aman dan efektif. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Syarat Mendonorkan Darah

Berikut adalah tujuh syarat yang perlu diperhatikan bagi calon donor darah, antara lain:
 

1. Kesehatan Umum yang Baik

Donor darah harus dalam keadaan sehat dan tidak memiliki riwayat penyakit menular seperti HIV, hepatitis B dan C, atau malaria. Mereka juga tidak boleh memiliki flu, demam, atau penyakit lainnya saat donor darah.
 

2. Berat Badan yang Cukup

Untuk memastikan bahwa mereka memiliki jumlah darah yang cukup untuk disumbangkan tanpa membahayakan kesehatan donor, berat badan calon donor darah harus melebihi batas minimum yang ditetapkan oleh lembaga donor darah lokal.
 

3. Usia yang Sesuai

Selain itu, usia calon donor darah harus sesuai dengan persyaratan yang berlaku. Untuk menjadi donor darah, usia minimal adalah 17 tahun. Namun, negara atau lembaga donor darah mungkin memiliki persyaratan yang berbeda. Biasanya juga ada batasan usia maksimal, seperti 65 tahun.
 

4. Tekanan Darah yang Stabil

Selama atau setelah proses donor darah, tekanan darah calon donor darah harus normal dan stabil.
 

5. Tingkat Hemoglobin yang Memadai

Tingkat hemoglobin calon donor harus memenuhi batas minimum yang ditetapkan oleh lembaga donor darah lokal. Tingkat hemoglobin yang rendah dapat menunjukkan anemia, yang dapat menyebabkan masalah selama proses donor darah.
 

6. Tidak Mengonsumsi Obat-obatan Terlarang

Pendonor darah tidak boleh menggunakan obat-obatan terlarang atau memiliki sejarah penggunaan narkoba yang berisiko. Penggunaan obat-obatan terlarang dapat mengkontaminasi darah dan meningkatkan risiko komplikasi bagi penerima darah.
 

7. Tidak Berisiko Tinggi Terkena Penyakit Menular Melalui Darah

Pertanyaan yang harus dijawab oleh mereka yang ingin menjadi donor darah harus berkaitan dengan perilaku yang berpotensi meningkatkan risiko penularan penyakit menular melalui darah, seperti memiliki banyak pasangan seksual, menggunakan jarum suntik bersama, atau melakukan hal-hal lainnya.

Donor darah adalah tindakan moral yang dapat menyelamatkan nyawa orang lain. Namun, calon donor harus memenuhi beberapa persyaratan agar proses donor darah dapat dilakukan dengan aman dan memberikan manfaat terbaik bagi penerima darah.

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.who.int/campaigns/world-blood-donor-day/2018/who-can-give-blood

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK138219/

https://nibts.hscni.net/donating-blood/basic-requirements-for-being-a-blood-donor/

YesDok Ads