7 ISYARAT TANGISAN BAYI, MOMS WAJIB TAHU YUK

January 12, 2024 | Dea

ciri-ciri tangisan bayi, maksud tangisan bayi, mengenali tangisan bayi, merespon tangisan bayi, tangisan bayi, makna tangisan bayi, tanda tangisan bayi, yesdok

Sobat Yesdok, salah satu cara pertama bayi berkomunikasi adalah dengan menangis, dan para ibu seringkali harus mengandalkan isyarat ini untuk memahami apa yang ingin mereka lakukan. Memahami arti tangisan bayi dapat membantu ibu merespons dengan lebih baik dan memberikan perawatan yang tepat bagi anak mereka. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

7 Tanda Tangisan Bayi

Berikut ini beberapa tanda tangisan bayi yang perlu moms ketahui, antara lain:


1. Lapar

Bayi biasanya menangis karena kelaparan. Jika mereka terus menangis setelah makan, ibu-ibu dapat melihat isyarat lain untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan.
 

2. Kebosanan atau Rasa Sendirian

Bayi yang merasa bosan atau kesepian mungkin mengekspresikan ketidaknyamanan melalui tangisan. Memberikan rangsangan dan perhatian kepada mereka dapat membantu mereka mengatasi rasa bosan atau kesepian mereka.
 

3. Kegembiraan atau Keceriaan

Tidak semua tangisan bayi menunjukkan ketidaknyamanan atau kebutuhan, beberapa bayi dapat menunjukkan kebahagiaan atau kegembiraan melalui tangisan yang berbeda. Ibu hamil harus belajar mengenali pola tangisan bayi yang menunjukkan kebahagiaan atau kegembiraan ini.
 

4. Kotoran atau Pampers Kotor

Bayi mungkin menunjukkan ketidaknyamanan mereka melalui tangisan jika mereka tidak nyaman dengan popok yang kotor. Ibu-ibu dapat memastikan bahwa popok bayi mereka tidak membuat mereka tidak nyaman.
 

5. Kedinginan atau Kelelahan

Pastikan bayi memiliki lapisan pakaian atau selimut yang cukup, terutama saat cuaca dingin, karena bayi dapat menunjukkan ketidaknyamanan mereka melalui tangisan.
 

6. Sakit Perut atau Kembung

Bayi sering mengalami masalah pencernaan, seperti kembung atau sakit perut. Ketidaknyamanan pencernaan juga dapat menyebabkan tangisan yang tidak terkait dengan kebutuhan makan atau kebersihan.
 

7. Tidak Nyaman atau Berubah Posisi

Bayi yang tidak nyaman dengan posisi atau tempat tidur mereka dapat menangis, menunjukkan ketidaknyamanan mereka. Ibu-ibu dapat mencoba mengubah posisi atau mengubah tempat tidur bayi untuk melihat apakah ini dapat membantu mereka mengatasi ketidaknyamanan mereka.
 

Salah satu keterampilan yang sangat penting bagi ibu adalah mendengarkan dan memahami tangisan bayi mereka. Dengan memahami tangisan bayi mereka memerlukan waktu dan pengalaman, tetapi ibu dapat membangun hubungan yang kuat dengan anak-anak mereka dengan memberikan perhatian dan respons yang penuh kasih.

 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.healthhub.sg/live-healthy/7-reasons-why-your-babys-crying

https://news.sanfordhealth.org/childrens/7-reasons-for-your-newborns-cry/

https://www.petitjourney.com.au/understand-the-different-cries-of-your-baby/

 

YesDok Ads