7 CARA ATASI CEGUKAN PADA BAYI, SIMAK YUK!

December 12, 2023 | Dea

kenapa bayi cegukan, cara menghentikan cegukan pada bayi, cara mengatasi cegukan pada bayi 0 6 bulan, cara meredakan cegukan pada bayi, cara hilangkan cegukan pada bayi, bayi cegukan cara mengatasi, yesdok

Sobat Yesdok, khususnya bagi ibu yang baru saja memiliki anak, pasti anda akan menghadapi fase saat bayi anda sering mengalami cegukan, hal ini umumnya disebabkan oleh kontraksi tiba-tiba dan singkat dari otot diafragma. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.

 

6 Penyebab Bayi Cegukan

Orangtua kadang-kadang ingin tahu cara mengatasi cegukan bayi mereka, tetapi cegukan adalah hal yang umum dan biasanya tidak menyebabkan kekhawatiran. 

Berikut merupakan beberapa cara yang dapat membantu mengatasi cegukan pada bayi, antara lain:
 

1. Memberikan Sedikit Air atau ASI 

Memberikan sedikit air atau ASI kepada bayi yang menyusui atau minum dari botol dapat membantu merelaksasi otot diafragma dan mencegah cegukan.
 

2. Menggunakan Dot Botol yang Sesuai

Selama pemberian susu, pastikan dot botol yang digunakan sesuai dengan ukuran mulut bayi untuk mencegah bayi menelan terlalu banyak udara.
 

3. Memberikan Sesuatu yang Dapat Dikunyah

Memberikan bayi makanan yang dapat dikunyah, seperti biskuit, dapat membantu mereka yang mulai makan makanan padat.
 

4. Posisi Memberi Makan yang Tepat

Untuk mencegah cegukan, pastikan bayi duduk tegak dan kepala sedikit tertunduk saat memberi makan.
 

5. Memberi Waktu Antara Makan dan Tidur

Untuk mencegah cegukan yang mungkin disebabkan oleh asam lambung naik, pastikan bayi memiliki waktu yang cukup untuk mencerna makanan sebelum tidur atau berbaring.
 

6. Memberikan Gigitan atau Mainan   

Memberikan mainan atau gigitan yang aman untuk dikunyah dapat membantu mengurangi cegukan yang disebabkan oleh pertumbuhan gigi.
 

7. Gunakan Posisi Menggendong yang Tepat

Bayi yang cegukan dapat diredakan dengan menggendongnya dengan tegak atau memberikan dukungan di belakangnya saat menggendongnya.
 

Ingatlah bahwa cegukan pada bayi biasanya sementara dan tidak berbahaya. Jika terus berlanjut atau bayi tampak tidak nyaman, segera konsultasikan dengan dokter atau ahli kesehatan anak. 

Memiliki pemahaman tentang penyebab cegukan dan mengikuti langkah-langkah sederhana ini dapat membantu orangtua dan bayi mengatasi cegukan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui YesDok tanpa harus keluar rumah. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.
 


 

REFERENSI

https://www.verywellfamily.com/how-to-get-rid-of-infant-hiccups-4160825

https://www.thebump.com/a/newborn-hiccups-why-babies-get-how-to-get-rid

https://www.medicalnewstoday.com/articles/321932#how-to-stop-newborn-hiccups

 

YesDok Ads