6 CIRI KISTA MENYERANG TUBUHMU

March 21, 2024 | Dea

gejala tumor rahim dan kista, ciri ciri gejala kista, gejala penyakit kista pada wanita, gejala sakit kista, tanda dan gejala kista ovarium, gejala kista dan miom, tanda dan gejala kista, yesdok

Sobat Yesdok, Kista adalah kondisi yang umum di tubuh manusia yang dapat muncul di berbagai organ atau jaringan. Meskipun sebagian besar kista tidak kanker dan tidak menimbulkan gejala, penting untuk mengidentifikasi tanda-tanda yang mungkin menunjukkan adanya kista. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

6 Gejala Kista

Berikut ini beberapa ciri umum kista pada tubuh seseorang, antara lain:
 

1. Nyeri pada Bagian Tertentu

Kista dapat menyebabkan nyeri atau ketidaknyamanan di area tertentu tubuh, tergantung dari organ mana kista tersebut berkembang. Kista ovarium, misalnya, dapat menyebabkan nyeri panggul atau sakit saat berhubungan seksual.
 

2. Pembengkakan 

Kista besar atau di dekat permukaan tubuh dapat menyebabkan pembengkakan di daerah tersebut. Pembengkakan ini dapat terlihat atau dirasakan, terutama jika kista berada di permukaan kulit atau di tempat yang mudah diakses.
 

3. Perubahan pada Siklus Menstruasi

Kista ovarium dapat memengaruhi siklus menstruasi wanita. Perdarahan menstruasi yang tidak teratur, menstruasi yang lebih berat dari biasanya, atau nyeri menstruasi yang lebih parah dari biasanya adalah beberapa gejala yang mungkin muncul. Adanya kista ovarium, yang mempengaruhi keseimbangan hormon, dapat menyebabkan perubahan-perubahan ini.
 

4. Gangguan Pencernaan

Adanya kista di organ pencernaan, seperti kista hati atau pankreas, dapat menyebabkan masalah pada sistem pencernaan. Gejala yang mungkin muncul termasuk mual, muntah, masalah pencernaan, atau perut kembung. Gangguan pencernaan ini dapat menjadi tanda adanya kista di organ pencernaan tersebut.
 

5. Masalah Buang Air Kecil

Kista yang penekanannya mengganggu organ di sekitarnya, seperti kista ovarium yang menekan kandung kemih, dapat menyebabkan masalah buang air kecil. Gejala yang mungkin muncul termasuk sering buang air kecil, kesulitan buang air kecil, atau nyeri saat buang air kecil.
 

6. Gejala Neurologis

Kista yang berkembang di otak atau sumsum tulang belakang dapat menyebabkan gejala neurologis, tergantung lokasi dan ukuran kista tersebut. Gejala yang dapat muncul termasuk sakit kepala yang parah, kejang, gangguan penglihatan, atau kelumpuhan pada bagian tubuh tertentu.


 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.




 

REFERENSI

https://www.medicalnewstoday.com/articles/160821

https://www.healthdirect.gov.au/ovarian-cysts

https://www.cdc.gov/parasites/cysticercosis/gen_info/faqs.html

 

YesDok Ads