5 Tanda-Tanda Tekanan Darah Tinggi

March 31, 2023 | Claudia

Tanda Tanda Tekanan Darah Tinggi

Ada satu kondisi penyakit, yang sebenarnya Anda miliki, namun tidak Anda sadari. Salah satunya adalah tekanan darah tinggi. Sudahkah Anda mengenali tanda tanda tekanan darah tinggi?

Ketika darah mengalir deras melalui saraf, ini akan menciptakan tekanan. Secara umum, tekanan darah normal berada di kisaran 80/120. Jika melebihi angka ini, maka tekanan darah Anda bisa disebut tinggi.

Setiap penyakit datang dengan beberapa gejala, termasuk tekanan darah tinggi. Anda harus mengetahui dengan jelas, tanda-tanda tekanan darah tinggi. Hal ini guna menghindari terjadinya sesuatu yang tidak diinginkan, jadi kapanpun Anda merasakan tanda tanda tekanan darah tinggi ini, Anda sudah harus waspada.

Tanda tanda tekanan darah tinggi

Tekanan darah yang tinggi bisa menjadi sumber dari banyak masalah, seperti sakit kepala yang parah, masalah jantung, hingga stroke. Selain keluarnya keringat secara berlebih, berikut ini merupakan tanda tanda tekanan darah tinggi yang patut dikenali:

Nyeri dada

Jika secara tiba-tiba Anda mengalami nyeri di dada, ini mungkin saja salah satu tanda-tanda tekanan darah tinggi. Jika Anda menyimpan alat untuk memeriksa tekanan darah, segera periksakan kondisi Anda. Jika memang tekanan darah Anda meningkat, konsultasikan hal ini ke dokter untuk menghindari komplikasi lanjut.

Masalah penglihatan

Apakah Anda mengalami masalah pada penglihatan Anda? Misalnya, pandangan menjadi kabur selama beberapa waktu? Maka ini bisa menjadi tanda-tanda tekanan darah tinggi yang patut Anda waspadai. Segera periksakan kondisi Anda dan dapatkan perawatan yang tepat.

Mimisan

Selain keluarnya keringat secara berlebih, hidung yang mengeluarkan darah secara tiba-tiba juga menjadi tanda-tanda tekanan darah tinggi. Mimisan ini lama kelamaan akan menjadi satu hal yang berbahaya jika Anda tidak segera mengatasinya. Konsultasikanlah ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis lebih lanjut.

Kesulitan bernapas

Salah satu tanda-tanda tekanan darah tinggi yang umum adalah terjadinya kesulitan dalam bernapas. Anda mungkin akan merasakan situasi seperti tercekik secara tiba-tiba, dan ini akan membuat Anda kesulitan bernapas. Kondisi ini mungkin saja terjadi akibat adanya peningkatan pada tekanan darah Anda.

Darah dalam urine

Adanya darah dalam urine bisa menjadi salah satu tanda-tanda tekanan darah tinggi. Jika Anda mendapati diri Anda mengalami masalah ini, segera periksakan diri ke dokter dan dapatkan pengobatan yang tepat.

Berikut adalah tanda tanda tekanan darah tinggi yang harus Anda ketahui dan waspadai. Simak mengenai informasi kesehatan lainnya hanya di YesDok.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: newscientist.com)

YesDok Ads