5 PENYEBAB BISUL PAYUDARA, WASPADAI YUK

February 02, 2024 | Dea

ciri ciri bisul di payudara, bisul di payudara apakah berbahaya, bisul payudara, bisul di payudara kiri, bisul di bawah payudara, bisul pada payudara, penyebab bisul di payudara, yesdok

Sobat Yesdok, bagi wanita, bisul pada payudara adalah kondisi yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan dan kekhawatiran. Namun, meskipun bisul pada payudara biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri, ada beberapa faktor yang dapat memperburuk kondisi ini. Artikel ini akan membahas penyebab dari beberapa faktor tersebut.

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Penyebab Bisul Payudara 

Berikut ini beberapa hal terkait bisul payudara, antara lain:

 

1. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri, terutama Staphylococcus aureus, adalah penyebab utama bisul pada payudara. Bakteri ini dapat masuk ke folikel rambut atau kelenjar minyak kulit dan menyebabkan peradangan, yang menyebabkan pembentukan bisul.
 

2. Gigitan Serangga atau Luka Kecil

Bakteri dapat masuk melalui luka kecil pada kulit payudara atau gigitan serangga. Bakteri dapat memasuki folikel rambut atau kelenjar minyak, menyebabkan peradangan dan pembentukan bisul.
 

3. Kondisi Medis yang Meningkatkan Risiko Infeksi

Diabetes, gangguan kekebalan tubuh, atau kondisi yang melemahkan sistem kekebalan tubuh dapat meningkatkan risiko infeksi dan pembentukan bisul pada payudara.
 

4. Kondisi Ginekologis

Pembentukan bisul dapat disebabkan oleh beberapa kondisi ginekologis seperti mastitis  (peradangan pada jaringan payudara) atau abses payudara, yang sering terkait dengan menyusui atau laktasi.
 

5. Trauma atau Pemerasan Kulit

Trauma pada payudara, seperti yang disebabkan oleh pemerasan kulit atau gesekan berulang, dapat menyebabkan infeksi karena bakteri dapat masuk melalui celah.

 

Setiap wanita harus memperhatikan kesehatan payudara, sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3387843/

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/bed-sores/symptoms-causes/syc-20355893

https://www.mdanderson.org/publications/focused-on-health/breast-cancer-symptoms-you-shouldn-t-ignore.h10-1592991.html

YesDok Ads