APA ITU GLAUKOMA DI MATA? SIMAK 5 PENYEBABNYA

February 02, 2024 | Dea

glaukoma adalah, gejala glaukoma, penyebab glaukoma, ciri ciri glaukoma, penyakit glaukoma, mata glaukoma, glaukoma itu apa, glaukoma penyebab, yesdok

Sobat Yesdok, tahukah anda mengenai Glaukoma? penyakit mata ini menyebabkan peningkatan tekanan di dalam mata yang merusak saraf optik dan dapat menyebabkan kehilangan penglihatan permanen jika tidak diobati. Langkah penting dalam pencegahan dan pengobatan glaukoma adalah memahami penyebabnya. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.


 

5 Penyebab Glaukoma

Berikut ini beberapa penyebab glaukoma pada mata seseorang, antara lain:

 

1. Peningkatan Tekanan Mata

Tekanan intraokular, yang dikenal sebagai glaukoma, dapat menyebabkan kerusakan pada serat saraf optik, yang mengirimkan sinyal visual ke otak.
 

2. Blokade Aliran Cairan Mata

Tekanan mata dapat meningkat karena aliran cairan mata yang tidak lancar atau terblokir. Kelenjar di dalam mata biasanya memproduksi cairan mata yang harus mengalir keluar dan mempertahankan tekanan yang seimbang. Jika jalur keluarnya terhambat, tekanan dapat meningkat.
 

3. Faktor Genetik dan Keturunan

Faktor genetik juga dapat memainkan peran dalam risiko glaukoma. Jika seseorang memiliki riwayat glaukoma dalam keluarganya, risiko mengembangkan kondisi ini dapat meningkat.
 

4. Usia Lanjut

Glaukoma lebih sering terjadi pada usia lanjut. Meskipun glaukoma dapat terjadi pada siapa pun, risikonya meningkat seiring bertambahnya usia, terutama setelah usia 60 tahun.
 

5. Riwayat Kesehatan Mata yang Buruk

Sangat penting untuk menjaga kesehatan mata dan melakukan pemeriksaan mata secara teratur karena risiko glaukoma dapat meningkat karena gangguan mata lainnya, seperti cedera, inflamasi, atau penggunaan obat tertentu.

Karena glaukoma seringkali tidak menimbulkan gejala pada tahap awal, penting untuk menjalani pemeriksaan mata secara teratur, terutama bagi mereka yang memiliki faktor risiko tertentu, untuk mendeteksi glaukoma sejak dini dan mengendalikannya sebelum menyebabkan kerusakan permanen pada penglihatan.

Kesehatan mata seseorang dapat dipengaruhi oleh glaukoma, yang dapat memengaruhi kualitas hidup dan fungsi mata. Dengan mengetahui penyebab glaukoma, seseorang dapat mengambil pencegahan dan penanganan yang tepat untuk menjaga kesehatan mata mereka.

 

 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada dokter agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah. 

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/glaucoma/symptoms-causes/syc-

https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/4212-glaucoma

https://www.aao.org/eye-health/diseases/what-is-glaucoma

YesDok Ads