5 Penyakit Ini Mengintai Jika Sering Menahan Kencing

April 10, 2023 | Aqiyu

penyakit akibat menahan kencing

Ada beberapa kondisi yang membuat seseorang menahan buang air kecil. Bila menahan kencing secara teratur atau dalam jangka waktu yang lama dapat berdampak buruk pada kesehatan dan akan ada penyakit akibat menahan kencing yang mengintai. Berikut ini deretan penyakit yang mengintai Anda jika terlalu sering menahan kencing:

Penyakit akibat menahan kencing

Berikut adalah deretan penyakit akibat menahan kencing yang dapat mengintai dan harus Anda waspadai.

Batu ginjal

Menahan buang air kecil dapat meningkatkan risiko terjadinya batu ginjal. Batu ginjal terbentuk ketika mineral dan garam tertentu dalam urine membentuk kristal yang kemudian menumpuk dan membentuk batu. Jika batu ginjal cukup besar atau terdapat di posisi yang menghambat aliran urine, maka dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat dan masalah kesehatan lainnya.

Nyeri pinggang

Menahan buang air kecil dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan nyeri pinggang. Ini terjadi karena urine yang tertahan dalam kandung kemih dapat menyebabkan tekanan pada ginjal dan saluran kemih. Ketika Anda menahan buang air kecil, otot-otot di sekitar kandung kemih, ureter, dan uretra harus bekerja lebih keras untuk menjaga urine tetap tertahan. Ini dapat menyebabkan ketegangan dan kelelahan pada otot-otot tersebut, yang pada gilirannya dapat menyebabkan nyeri pinggang.

Infeksi Saluran Kemih

ISK adalah kondisi yang umum terjadi pada wanita, namun juga dapat terjadi pada pria. Menahan buang air kecil dalam waktu yang lama dapat meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih (ISK). Hal ini disebabkan karena ketika urine tertahan dalam kandung kemih, bakteri dapat berkembang biak dan menyebabkan infeksi pada saluran kemih.

Sering mengompol

Menahan buang air kecil dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan otot-otot di sekitar kandung kemih menjadi lemah atau kelelahan, sehingga dapat menyebabkan inkontinensia urin atau sering mengompol. Ketika otot-otot di sekitar kandung kemih menjadi lemah, kandung kemih tidak dapat mengendalikan aliran urine dengan baik, sehingga urine dapat keluar tanpa disadari atau ketika sedang melakukan aktivitas tertentu, seperti batuk atau tertawa. Hal ini dapat terjadi pada orang dewasa maupun anak-anak. 

Pembengkakan kandung kemih

Menahan buang air kecil dalam jangka waktu yang lama tidak secara langsung menyebabkan pembengkakan pada kandung kemih. Namun, seperti yang telah disebutkan sebelumnya, menahan buang air kecil dalam waktu yang lama dapat meningkatkan risiko terkena infeksi saluran kemih.

YesDok menyediakan dokter profesional yang memungkinkan Anda berkonsultasi dari mana saja dan kapan saja. Konsultasi keluhan dan tanya dokter mengenai masalah kesehatan Anda dengan dokter spesialis di aplikasi YesDok.

(Foto: very well health)

YesDok Ads