5 MANFAAT SEX EDUCATION BAGI PSIKIS ANAK

May 08, 2024 | Dea

sex education, sex education adalah, edukasi seks, seks edukasi, seks edukasi pada anak, edukasi seks sejak dini, pentingnya seks edukasi sejak dini, yesdok

Sobat Yesdok, sex education juga dikenal sebagai pendidikan seksual, merupakan aspek penting memberikan pemahaman ataupun perlindungan terhadap anak-anak dan remaja lebih awal. Lingkup pendidikan seks ini yakni untuk memahami tubuh, hubungan, dan seksualitas mereka dapat membantu perkembangan mental mereka. 

Oleh karena itu, untuk mengetahui lebih lanjut, simak penjelasan di bawah ini, sebagai berikut.



 

Manfaat Sex Education 

Berikut adalah beberapa manfaat pendidikan seks untuk psikis anak, antara lain:
 

1. Meningkatkan Kesadaran Diri dan Percaya Diri

Pendidikan seks membantu anak memahami cara menjaga dan merawat setiap bagian tubuhnya. Hal ini dapat meningkatkan kesadaran diri dan rasa percaya diri, terutama bagi mereka yang sedang dalam pubertas. Mereka akan lebih siap untuk menerima perubahan fisik dan psikologis.
 

2. Mencegah Stigma dan Diskriminasi  

Pendidikan seks membantu anak untuk lebih menghargai bagian tubuhnya dan orang lain termasuk dalam hal seksualitas dan orientasi seksual. Sehingga, informasi yang telah mereka pelajari menghindarkan mereka dari diskriminasi, perilaku bullying terhadap individu atau kelompok tertentu.
 

3. Mengurangi Risiko Perilaku Berisiko  

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), pendidikan seks yang baik dapat membantu remaja menghindari perilaku seksual berisiko, seperti hubungan seksual yang tidak aman, hamil di bawah umur, dan penyebaran penyakit menular seksual. Anak-anak yang dididik tentang seksualitas cenderung membuat keputusan yang lebih rasional tentang seksualitas mereka.
 

4. Meningkatkan Komunikasi dan Hubungan Keluarga

Pendidikan seks yang tepat mengajarkan anak-anak betapa pentingnya berkomunikasi secara terbuka dengan orang tua dan keluarga. Ini membuat lebih mudah untuk berbicara tentang masalah sensitif, meningkatkan hubungan keluarga, dan membuat anak-anak merasa didukung saat mereka berkembang
 

5. Meningkatkan Kesadaran akan Consent (Persetujuan)  

Mengajarkan konsep persetujuan, juga dikenal sebagai consent, adalah komponen penting dari pelajaran seks. Anak-anak belajar bahwa setiap orang memiliki hak untuk menentukan batasan mereka sendiri dan bahwa persetujuan diperlukan sebelum melakukan aktivitas seksual. Ini dapat membantu mencegah kekerasan seksual dan pelecehan.

Dengan demikian, pendidikan seks memiliki banyak manfaat bagi perkembangan mental anak-anak dan remaja. Dengan memberi mereka pemahaman yang aman tentang seksualitas mereka, anak-anak dapat tumbuh menjadi orang yang lebih percaya diri, toleran, dan bertanggung jawab dalam kehidupan dewasa mereka.




 

Sebaiknya anda juga berkonsultasi kepada Psikolog agar mendapatkan edukasi dan penanganan yang terbaik terkait kesehatan. Jika bingung harus mulai darimana, anda dapat berkonsultasi secara video call melalui Yesdok tanpa harus keluar rumah.

Anda juga dapat menemukan konten edukasi kesehatan, dapat membantu untuk mengatasi masalah pada kesehatan fisik dan mental anda. Segera kunjungi platform sosial media seputar info kesehatan Yesdok, melalui akun instagram Yesdok Indonesia dan TikTok YesDok Indonesia. Konsultasi fleksibel dengan waktu 24/7 dapat membantu anda untuk sembuh.


 

REFERENSI

https://www.fpa.org.uk/rshe-for-teachers/sex-education-benefits-and-statistics/

https://www.cdc.gov/healthyyouth/whatworks/what-works-sexual-health-education.htm

https://www.montclair.edu/newscenter/2020/12/14/experts-sex-education-should-begin-in-kindergarten/

YesDok Ads

Copyright © 2023 . All Rights Reserved by Yesdok.